Siap Berqurban? Ini Negara Miskin di Dunia yang Jarang Menikmati Lezatnya Daging Qurban

By | 29/07/2015

Siap-Berqurban

Tak beberapa lama lagi idul qurban akan menjelang. Jika melihat penanggalan tahun 2015 ini, Idul Adha atau Idul Qurban akan jatuh pada tanggal 24 September 2015. Sebagai syariat yang diutamakan dalam agama Islam, qurban adalah suatu bentuk kenikmatan tiada tara jika dapat berbagi kenikmatan daging hewan qurban dengan saudara sesama muslim. Qurban adalah cara untuk mensyukuri rezeki dengan keikhlasan dalam berbagi.

Tengok saja, tak akan lama lagi jejeran pedagang hewan qurban akan menghiasi sepanjang jalan raya. Mereka berlomba-lomba menjajakan hewan qurban terbaik demi kebahagiaan terbaik. Sudah siap berqurban di tahun ini? silahkan simak dulu fakta berikut.

Qurban adalah kenikmatan rezeki dan keikhlasan pengorbanan yang bersifat universal. Namun, biasanya qurban yang disalurkan di Indonesia hampir 95% hanya mencakup penyaluran di wilayah-wilayah lokal di dalam negeri. Padahal katanya qurban itu universal? Bagaimana dengan nasib kaum sesama muslim di belahan dunia lainnya? Apakah mereka dapat merasakan lezatnya daging qurban sama dengan apa yang kita rasakan?

Nyatanya banyak negara miskin, rawan pangan, wilayah bencana alam dan konflik kemanusiaan di seluruh penjuru dunia yang sama sekali tak bisa merasakan indahnya berbagi kebahagian di idul qurban nanti.

Setiap tahunnya, umat Islam yang berada di negara Afrika Tengah menghadapi tekanan yang luar biasa. Dari populasi umat Muslim yang semula berjumlah 625 ribu penduduk, kini tinggal tersisa 1.000 orang. Setiap harinya, konflik berlatar agama terus menerus menyudutkan muslim di tanah negara-negara Afrika Tengah.

Beberapa negara di Afrika Tengah yang layak untuk dijadikan target qurban Anda tahun ini adalah negara Somalia, Kamerun, dan Kenya. Selain itu, jangan pula terlupa kisah penderitaan saudara sesama muslim di Jalur Gaza Palestina. Selama satu dekade terakhir, bisa dipastikan tak ada daging qurban yang mampu mereka (warga palestina) usahakan untuk dinikmati bersama. Hanya melalui uluran tangan dan donasi hewan qurban dari pihak luar lah yang mampu mencipta senyum mereka atas lezatnya hewan qurban di Gaza.

Masih ada pula negara-negara muslim yang sedang berkonflik semacam Jordania, Palestina, Bosnia, Suriah, Bangladesh, Srilanka, Myanmar, Thailand Selatan, Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Timor Leste.

Jika sudah berniat untuk mendistribusikan hewan qurban dalam skala global, syaratnya hanya satu: siapkan kocek yang lebih tebal dibadingkan harga hewan qurban di Indonesia.

Patut diketahui, misalnya Untuk berqurban di Gaza, masyarakat setidaknya harus menyumbangkan dana Rp 4,95 juta untuk satu ekor kambing. Harga itu adalah harga qurban di tahun lalu. Dibandingkan di dalam negeri, harga hewan qurban ini memang hampir 3 kali lipat lebih mahal dari kambing lokal.

Jika kocek telah siap, silahkan kontak lembaga kemanusiaan yang sudah berpengalaman untuk mendistribusikan hewan qurban hingga ke pelosok dunia. Satu lembaga yang sangat aktif dalam urusan distribusi Global Qurban adalah lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Sebagai gambaran, pada tahun lalu ACT menyalurkan hewan qurban untuk luar Indonesia seperti Palestina, Suriah, Yordania, Mesir, Somalia, Afrika Tengah, Kamerun, Srilangka dan banyak negara lainnya. (CAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *