Waspada! Seluruh Kawasan Asia Selatan Diguncang Gempa Besar 6,6 SR

By | 11/04/2016

Gempa Pakistan

Lagi-lagi kabar tentang gempa bumi di kawasan Asia tercatat oleh seismograf badan pemantau gempa bumi di seluruh dunia. Tak bisa dipungkiri gempa bumi di Asia bagian selatan sekitar Afghanistan, Tajikistan,dan Pakistan termasuk kawasan gempa yang paling aktif bergerak. Getaran gempa di sekitar kawasan patahan ini pun termasuk kategori besar.

Mengutip dari laman pemantau gempa milik lembaga pemantau gempa bumi Amerika Serikat USGS Earthquake Hazards Program di alamat http://earthquake.usgs.gov/ , sebuah gempa kategori besar tercatat mengguncang banyak titik sekaligus di Asia Selatan.

USGS Earthquake Hazards Program melaporkan sebuah gempa bumi berguncang kuat di dekat Pakistan, Tajikistan, dan Afghanistan sekaligus. Titik pusat gempa berada di sekitar 39 Kilometer sebelah Barat Daya Kota Ashkasham, Afghanistan. Atau sekitar 282 Kilometer sebelah Timur Laut Kota Kabul, Afghanistan. Gempa terjadi pada Minggu, 10 April 2016 pukul 10.28 waktu setempat, atau sekitar puul 17.28 Waktu Indonesia.

Melansir dari Reuters, gempa di Afghanistan ini berada dekat dengan perbatasan Tajikistan dan hanya beberapa kilometer dari Provinsi Chitral di barat daya Pakistan. Kedalaman gempa terdeteksi seismograf USGS pada kedalaman 210 Km. Walau pusat gempa berada cukup dalam di bawah permukaan bumi, namun karena gempa di kawasan Asia Selatan ini tipikal gempa yang berguncang di atas daratan, maka guncangan gempa terasa begitu kuat dan menyebar.

Sampai dengan tulisan ini diturunkan, belum ada kabar lebih lanjut dari Pemerintah Afghanistan tentang dampak dari gempa ini. CNN mengatakan bahwa Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Nasional Afghanistan Omar Mohammadi masih menunggu jawaban dari petugas yang dikirimkan di lokasi dekat titik gempa. Tim penyelemat masih bekerja dan mencari informasi terkini tentang dampai gempa besar di Asia Selatan ini.

Untuk diketahui, potensi gempa di sekitar Afghanistan dan Pakistan memang termasuk potensi gempa terbesar di dunia. Sebab pergerakan seismik di sekitar Himalaya akbat tubrukan dari lempeng India dan lempeng Eurasia termasuk pergerakan lempeng yang sangat-sangat aktif. Setiap tahunnya kedua lempeng ini bergerak saling menghujam sekitar 40-50 mm pertahun.

Apalagi pergerakan patahan yang saling melintang di kawasan pegunungan tinggi Pakistan dan Afghanistan selama berpuluh tahun terakhir selalu menjadi kawasan berisiko gempa paling mematikan di dunia. Masih teringat bagaimana dampak dari Gempa Kashmir, Pakistan pada kekuatan 7,6 Skala Richter tahun 2005 silam yang menewaskan lebih dari 75.000 jiwa.  (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *