Strategi Jitu Sadiq Khan Jadi Walikota Muslim Pertama di London

By | 10/05/2016

Walikota Muslim London

Pekan lalu, publik dunia dibuat terkejut dengan kabar gembira kemenangan Sadiq Khan sebagai Walikota muslim pertama di London, Inggris. Kabar gembira ini berlaku universal, sebab akhirnya London sukses menyelenggarakan pemilu dengan aman dan damai tanpa masalah besar yang nampak ke permukaan. Kabar gembira ini pun berlaku bagi Muslim di seluruh dunia, sebab untuk pertama kalinya London, kota tersibuk di Inggris Raya, kota industri yang sangat berpengaruh bagi ekonomi dunia akhirnya dipimpin oleh seorang Muslim! Ya Sadiq Khan adalah seorang imigran dari Pakistan yang tumbuh dan berkembang sebagai seorang Muslim.

Kemenangan Sadiq Khan sebagai walikota London ini pun menjadi bukti nyata bahwa masyarakat London hari ini komposisinya begitu plural, begitu universal. Tak ada sekat batas antara pendatang dan warga asli, tak ada garis yang membatasi pergaulan antar suku dan agama.

Apalagi ternyata Sadiq Khan menjalankan jurusnya jitunya untuk mendapatkan hati lebih dari 50% warga London. Apa strategi jitu Sadiq Khan sampai bisa terpilih jadi Walikota London?

Satu strategi Sadiq Khan yang terbukti efektif adalah tetap tenang dalam menghadapi tudingan dan serangan, biarkan masyarakat London menilai sendiri bagaimana strategi Sadiq Khan dalam menangani berbagai permasalahan Kota.

Seperti yang diketahui, mengutip dari media lokal Inggris, saat masa sebelum pemilihan, lawan kuat Sadiq Khan, Zac Goldsmith terlihat jelas melakukan taktik politik yang menyerang masa lalu Sadiq Khan sebagai seorang imigran Muslim asal Pakistan. Ternyata strategi “kotor” ini jadi bumerang sendiri bagi Zac yang berasal dari Partai Konservatif.

Menurut sajian analisis politik dari sejumlah media lokal di London, menyebut bahwa kandidat dari Partai Konservatif, Zac Goldsmith, bersama Perdana Menteri Inggris David Cameron dan politikus senior partai melakukan serangan atas masa lalu Sadiq Khan. Mereka menuduh Sadiq adalah seorang Muslim radikal yang berada di balik gerakan ekstremisme. Bahkan mereka menuduh bahwa dalam kebijakan politiknya nanti Sadiq Khan akan memberikan ruang bagi aksi ekstremisme. Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon dan Cameron juga mempertanyakan keamanan London bila Sadiq terpilih sebagai wali kota.

Strategi politik yang demikian dianggap enteng oleh Sadiq, dalam sebuah wawancaranya Sadiq mengatakan bahwa apa yang dilakukan lawan politiknya adalah mengubah kelompok etnis dan agama saling berlawanan dan mengadu domba. Ini sesuatu yang langsung dijiplak dari strategi politik Donald Trump, bakal calon presiden Amerika Serikat pada pemilihan mendatang.

Namun akhirnya penilaian kinerja dan cita-cita seorang pemimpin lah yang bakal dinilai oleh publik. Masyarakat London lebih memilih mengubah kelompok etnis dan agama saling berlawanan. Ini sesuatu yang langsung dari pedoman Sadiq Khan karena percaya dengan strategi kebijakan politik Sadiq Khan yang akan mengubah London jadi lebih ramah terhadap para kaum buruh. Ia berjanji mengatasi kurangnya perumahan terjangkau di London, menentang perluasan Bandara Heathrow, dan memperbaiki sistem transportasi.

Sadiq Khan, akhirnya terpilih jadi walikota London untuk masa periode beberapa tahun ke depan. Seorang Muslim imigran dari Ayah yang menjadi supir bus di London, selamat Sadiq. Semoga amanah menjaga kepemimpinan mu.  (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *