Petunjuk dan Tindakan Mitigasi Banjir Bandang

By | 27/09/2016

mitigasi-banjir-bandang
Mitigasi banjir bandang adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik daerah aliran sungai maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan masyarakat menghadapi ancaman bencana banjir yang disebabakan dari limpasan air atau tanggul jebol antara lain adalah:

1. Program Pemeliharaan
Perbaikan, kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki bangunan agar kondisinya sesuai dengan kapasitas rencana yang disebabkan oleh kerusakan kecil seperti pertinggian permukaan tanggul, perbaikan tanggul yang bocor, pelindung batu untuk tanggul dekat penambangan, penggantian peralatan pintu dan sebagainya yang tidak berfungsi disebabkan oleh kerusakan dan kegagalan kecil.

Pemeliharaan bangunan, adalah kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan pada bangunan yang ada untuk memelihara serta menjaga fungsi sungai dan bangunan sesuai dengan tingkat layanan yang direncanakan mencakup alur sungai dan bangunan persungaian

Pemeliharaan Berkala, adalah kegiatan yang dijadwalkan berlangsung dari waktu ke waktu dan berjalan menurut interval waktu terputus-putus dengan tujuan melestarikan/memelihara fungsi dari sarana-sarana drainase yang tersedia.

Pemeliharaan Darurat, adalah pemeliharaan yang harus dilaksanakan segera agar kerusakan yang terjadi atau kerusakan yang hampir terjadi tidak menjadi lebih parah, dimana pekerjaan tersebut penting untuk melindungi keutuhan dan kekuatan bangunan (dalam skala besar). Pemeliharaan darurat dapat juga berupa kegiatan penanggulangan banjir seperti pemasangan kantong pasir pada tanggul sebelum dan selama banjir untuk mencegah limpasan air ke permukaan.

2. Penanggulangan bencana banjir bandang
Penyelenggaraan penanggulangan bencana, adalah serangkaian upaya dari pemerintah dan elemen masyarakat yang meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang bisa berisiko timbulnya bencana banjir, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, dan rehabilitasi.

Peringatan dini yaitu pemberian peringatan sesegera mungkin kepada masyarakat tentang kemungkinan terjadinya bencana pada suatu tempat oleh lembaga yang berwenang sebagai salah satu upaya mitigasi banjir bandang langsung kepada masyarakat terdampak.

Pengungsi, menganjurkan sekelompok orang yang terpaksa atau dipaksa keluar dari tempat tinggalnya untuk jangka waktu tertentu sebagai akibat dampak buruk banjir bandang.

Baca juga pengertian dan penyebab banjir bandang

Sumber: PDF Direktorat Sumber Daya Air Img:tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *