Perbedaan Qurban Dan Aqiqah | Pengertian Dan Hukum nya

By | 29/06/2018

Perbedaan Aqiqah Dan Qurban

Pengertian qurban ,menurut bahasa kurban berarti Qoroba Yaqrobu yang artinya mendekat. Oleh karena itu qurban adalah salah satu ibadah yang mendekatkan diri seseorang kepada Allah Subhanahu Wata’ala, waktu kurban biasa terjadi di setiap tanggal 10 Dzulhizah. Sejarah berkurban bermula dari nabi ibrahim a.s, Ketika itu nabi ibrahim a.s mendapatkan wahyu untuk menyembelih putera nya sendiri nabi ismail a.s tetapi ketika saat penyembelihan di lakukan Allah swt memerintahkan malaikat jibril untuk membawa domba dari surga, agar domba itu dijadikan pengganti nabi ismail a.s, hingga saat ini umat islam memperingati perayaan idul adha dengan memotong domba atau hewan ternaik lain(kambing , sapi, kerbau) untuk berkurban serta mendekatkan diri kepada allah swt.

Aqiqah berasal dari bahasa arab yang berartu pengurbanan hewan dalam syariat Islam,  sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT atas bayi yang telah dilahirkan. Waktu aqiqah disunahkan dilakukan di hari ketujuh saat bayi dilahirkan lalu bagaimana jika tidak bisa melakukan aqiqah saat hari ketujuh ? terjadi perbedaan pendapat ulama mengenai hal ini menurut ulama malikiyah (ulama bermazhab maliki) membatasi waktu aqiqah, bahwa aqiqah sudah gugur setelah hari ketujuh berbeda dengan pendapat ulama syafi’iyah (ulama bermazhab syafi’i) tidak menggugurkan aqiqah meski sudah melewati hari ketujuh, ulama syafi’iyah membolehkan aqiqah sebelum usia baligh, dan aqiqah menjadi kewajiban ayah nya.

perbedaan aqiqah dan qurban

Sedangkan ulama yang bermazhab hambali memiliki pendapat berbeda dengan yang di atas, ulama bermazhab hambali berpendapat bahwa jika aqiqah tidak dapat dilakukan pada hari ketujuh, maka di sunnahkan untuk dilakukan dihari keempatbelas. jika tidak bisa lagi maka bisa dilaksanakan pada hari keduapuluh satu. Kewajiban aqiqah merupakan kewajiban orang tua tetapi jika sampai akhir balig belum juga di aqiqahi maka sang anak di bolehkan untuk mengaqiqahi dirinya sendiri

Baca Juga :

Meskipun terjadi perbedaan pendapat waktu aqiqah di antara para ulama, tetap harus di hormati. intinya aqiqah dapat dilakukan pada waktu hari ketujuh, atau sebelum mencapai usia akhir balig. Itulah perbedaan antara aqiqah dan berkurban meskipun sama – sama menyembelih hewan ternak dalam pelaksanaan nya  tetapi ada perbedaan di makna dari ibadah tersebut. ada juga persamaan dari ibadah qurban yaitu sama – sama bersyukuratas nikmat yang telah di berikan oleh allah swt.

Allahualambishowab.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *