Pengertian dan Penyebab Banjir Bandang

By | 27/09/2016

pengertian-penyebab-banjir-bandang

Pengertian banjir bandang adalah benjir yang disebabkan luapan keluar alur sungai karena debit sungai yang membesar tiba-tiba melampaui kapasitas aliran, terjadi dengan cepat melanda daerah daerah rendah permukaan bumi, di lembah sungai-sungai dan cekungan-cekungan dan biasanya membawa debris dalam alirannya.

Banjir bandang dibedakan dari banjir oleh waktu berlangsungnya yang cepat dan biasanya kurang dari enam jam. dan menyapu lahan yang dilandanya dengan kecepatan aliran yang sangat besar hampir tanpa peringatan yang cukup Tinggi permukaan gelombang banjir bandang dapat berkisar 3 – 6 meter dengan membawa debris dan sangat berbahaya yang akan melanda hampir semua yang dilewatinya Hujan yang menimbulkan banjir bandang dapat memicu terjadinya longsoran lereng dan tebing yang menimbulkan bencana aliran debris yang akan terangkut oleh banjir bandang tersebut.

Tipe-tipe Penyebab Banjir Bandang
Pada umumnya banjir bandang disebabkan oleh salah satu dari kejadian-kejadian di bawah ini:

Hujan lebat meluap sungai
Hujan yang bergerak lamban dan jatuh pada suatu daerah aliran sungai yang tidak terlalu luas, dan runoffnya dan terkonsentrasi dengan cepat ke dalam alur sungai. Karena besarnya debit dan kecepatan alirannya banjir bandang dapat mengangkut bebatuan, lumpur yang dierosinya dari tebing maupun deposit sedimen pada dasar alur dan debris lain seperti batang pepohonan yang tercerabut, dan akan menyapu daerah
yang dilandanya, merusak lahan pertanian, menghancurkan jembatan dan rumah-rumah bahkan sering menimbulkan korban jiwa.

Contoh disebabkan luapan air sungai besar yang menyapu pemukiman berlangsung cepat terjadi yaitu banjir bandang di Garut 21 September 2016 kemarin.

Rusak / Jebol tanggul.
Penyebab Banjir bandang yang sering terjadi adalah disebabkan rusaknya tanggul penahan air sungai. Biasa terjadi pada daerah bantaran ruas sungai aluvial oleh pecahnya tanggul pelindung pada saat terjadi aliran
dengan elevasi di atas bantaran sungai, karena suatu penyebab, atau gagalnya sebuah bendung buatan. Banjir bandang tipe ini dapat mengakibatkan bencana dahsyat.

Contoh terjadi pada banjir di Bekasi bulan Juni 2016 akibat jebolnya tanggul Kali Cikeas yang berada di dekat wilayah itu pun mengalir ke perumahan.

Sumber: PDF Direktorat Sumber Daya Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *