Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Berbuka Puasa

By | 14/05/2018

Niat Puasa Ramadhan

Sedikit lagi kita akan menyambut bulan ramadhan, bulan yang penuh dengan kemulian ini akan segera menghampiri kita semua.

Penting bagi kita untuk memahami niat puasa bulan ramadhan kembali, Niat merupakan salah satu yang krusial dalam pelaksanaan suatu ibadah. Khususnya ibadah puasa bulan ramadhan. Adapun niat puasa dapat di lakukan di malam hari yaitu dari mulai terbenamnya matahari sehabis magrib sampai sebelumnya terbit nya fajar. Berikut ini adalah dalil yang menjelaskan tentang niat puasa bulan ramadhan.

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ

“Siapa yang tidak berniat puasa di malam hari sebelum terbitnya fajar, maka tidak ada puasa baginya.”

Hadist Riwayat  Imam Ahmad, Abu Daud, al Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Majah meriwayatkan hadis dari Hafshah Ummul Mukminin ra.

Mayoritas ulama mensyaratkan niat setiap harinya di bulan Ramadhan. Karena setiap hari itu ibadah mustaqillah (independen), tidak dapat dikaitkan dengan hari sebelumnya atau setelahnya. Jika seseorang menggabungkan niat hanya di awal malam hari pertama bulan Ramadhan untuk seluruh puasa selama bulan Ramadhan, maka hal ini tidaklah cukup.

Sementara itu menurut imam Malik, hal tersebut sudah cukup. Adapun memperbarui niat setiap malam di bulan Ramadhan hanya berhukum sunah, tetapi jika puasanya terputus karena sakit atau haid maka ia wajib memperbarui niat untuk seluruh sisa hari lainnya di bulan Ramadhan.

niat puasa ramadhan

Baca Juga :

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Lalu bagaimana doa berbuka puasa ramadhan. Berikut ini adalah bacaan puasa bulan ramadhan

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

 

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN
 Artinya :
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.
Mari kita ajarkan niat dan doa berbuka puasa ramadhan ini kepada orang orang yang belum mengetahui nya dan semoga di bulan ramadhan ini kita mampu menjalankan ibadah puasa dengan penuh hikmah dan berbagi kebahagian dengan sesama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *