Melihat Dampak Gempa Garut 6,1 Skala Richter

By | 08/04/2016

dampak gempa Garut

Sebuah gempa kategori cukup kuat kembali mengguncang wilayah selatan Jawa Barat, kali ini sesimograf mencatat guncangan gempa di Garut, Jawa Barat. Sontak gempa yang mengguncang  pada Rabu, 6 April sekitar pukul 21.45 itupun mengagetkan sebagian besar warga Garut. Bahkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang berada di sekitar Garut, getaran gempa terasa menjalan ke barat dan ke timur. Guncangan gempa di Garut sampai menjalar ke Sukabumi, Bandung, Bogor, bahkan sampai Cilacap.

Lantas, bagaimana kondisi Garut pasca guncangan gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter pada kedalaman 10 Km tersebut?

Mengutip dari Kantor Berita Antara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, Jawa Barat dikabarkan sudah selesai melakukan inspeksi atau meninjau langsung lokasi di sekitar Kabupaten Garut yang diduga mengalami kerusakan akibat gempa kategori sedang tersebut. Pengecekan dampak gempa ini dilakukan hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Garut.

Kesimpulan akhirnya, BPBD Kabupaten Garut menyatakan bahwa dampak gempa tersebut ternyata tak mengakibatkan kerusakan apapun. Laporan terakhir yang dihimpun dari seluruh kecamatan mengatakan bahwa gempa Garut, Rabu 6 April 2016 tak berampak kerusakan vesar pada rumah penduduk dan bangunan infrastruktur lainnya.

Walaupun demikian, pasca kejadian gempa Garut ada kabar tentang jalan yang retak panjang di Kampung Amlong, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Namun setelah ditinjau langsung, ternyata retakan jalan raya penghubung kampung yang dilalui ribuan warga setiap harinya itu retak bukan karena gempa Garut.

Jalur tersebut diperkirakan retak karena pergerakan tanah yang terjadi sehari sebelum kejadian gempa. Namun, walaupun retakan jalan bukan karena guncangan gempa, masyarakat di sekitar Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut diminta untuk tetap waspada karena pergerakan tanah bisa melebar menjadi longsoran tanah.

Sementara itu, walau tak menyebabkan kerusakan rumah warga dan bangunan infratsruktur umu, guncangan gempa Garut dirasakan sampai lokasi yang cukup jauh. Mengutip Antara, guncangan gempa yang berepisentrum di selatan Pulau Jawa melebar luas sampai ke beberapa wilayah di Cilacap, meliputi Dayeuhluhur, Majenang, Cimanggu, dan Sampang. Bahkan gempa Garut ini pun sempat dirasakan oleh warga di Banjarnegara dan Kabupaten Sukabumi.

Untuk diketahui, Kabupaten Garut memiliki potensi gempa yang serupa seperti banyak kota lain di selatan Pulau Jawa. Sebab pertemuan antara kedua lempeng besar benua yakni Lempang Eurasia dan Lempeng Indoaustralia bertemu tepat di selatan Pulau Jawa. Guncangan gempa Garut yang tercatat seismograf kemarin harus tetap diwaspadai, sebab bukan tak mungkin akan muncul gempa susulan karena biasanya pasca terjadi gempa dangkal, posisi patahan masih labil. (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *