Peduli Berikan Bantuan untuk Musibah Banjir di Garut

By | 22/09/2016

bantuan-banjir-garut-act-2

Berita duka akibat bencana kembali terjadi pada 20 September 2016. Banjir bandang dengan ketinggian hingga lebih dari 1,5 meter hingga mengakibatkan 20 korban meninggal terseret arus, ratusan rumah rusak dan ribuan warga terpaksa mengungsi.

Pasca banjir dan air mulai surut, kerusakan terjadi dimana-mana terlihat dari foto-foto dari tim DERM Relawan ACT  yang turun ke lokasi. Aksi Cepat Tanggap mengirimkan relawan dan mendirikan posko bantuan untuk musibah banjir di Garut, begitu juga dengan elemen masyarakat dan pemerintah juga turut mengajak peduli membantu Garut.

Ratusan rumah rusak, warga kehilangan barang-barang berharga akibat terseret arus dan terendam air. Puluhan rumah banyak yang roboh karena terjangan arus yang kuat. Akibat musibah banjir bandang ini tentu saja ribuan warga harus mengungsi karena tempat tinggal yang tak layak huni.

Dalam masa darurat pasca bencana banjir di Garut ini setidaknya para pengungsi yang tempat pemukimannya diterjang, mereka kehilangan mata pencaharian dan sementara tak bisa bekerja. Untuk saat ini kondisi 6 kecamatan yaitu Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Kabupaten Garut sangat memprihatinkan.

Perkiraan untuk merenovasi rumah, jalan, dan infrastruktur minimal membutuhkan waktu satu hingga dua minggu. Jika tak ada bantuan secara cepat, warga yang tempat tinggalnya rusak terdampak banjir akan sangat kesulitan untuk bisa kembali hidup normal. Ibu-ibu dan anak-anak terpaksa mengungsi hingga kondisi rumah bisa kembali bisa layak huni.

Tim Aksi Cepat Tanggap segera berangkat untuk membarikan bantuan ke lokasi musibah banjir di Garut dengan menurunkan relawan yang menyisir, evakuasi dan pembersihan, mendirikan posko kemanusiaan dan dapur sosial untuk membantu mereka para pengungsi yang belum bisa memasak, terutama adalah bantuan kesehatan dan makanan untuk ibu-ibu dan anak-anak.

Yuk kita peduli dan berikan bantuan terbaik untuk saudara kita di garut yang baru saja tertimpa musibah bencana. Semoga apa yang kita berikan bisa meringankan beban mereka dan menjadi amalan yang baik sebagai kepada sesama manusia bangsa Indonesia yang saling tolong menolong dan bantu membantu. (aly)

bantuan-banjir-garut-act

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *