Makna qurban dalam islam | Ayo berqurban

By | 28/06/2018

Makna qurban dalam islam | Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi ,kerbau dan kambing yang disembelih pada  hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq  sebagai bentuk untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Qurban adalah salah satu ibadah dalam agama islam Banyak ulama yang telah mencoba membaca makna, arti, serta hakikat qurban, namun tidak terlalu banyak yang menyuguhkan tafsir idul adha qurban yang komprehensif sehingga dapat menjadi satu nilai pembelajaran dari peristiwa penyembelihan qurban oleh Nabi Ibrahim kepada anaknya, Nabi Ismail, Muhamad Ainun Nadjib atau yang lebih dikenal dengan nama cak nun memiliki pendapat tentang makna dalam ibadah qurban, beliau berpendapat bahwa jika kita sedang disembelih allah, maka sikap kita mesti iklhas serta tulus agar kita sebagaimana nabi ibrahim yang ingin menyembelih nabi ismail malah mendapatkan domba sebagai ganti untuk di sembelih, Yang menjadi masalah adalah manusia sekarang ini sering tidak iklhas saat “disembelih” allah (di beri ujian) inilah hal yang berat iklhas dan tulus.

makna qurban dalam islam

Selain itu melakukan ibadah qurban juga memiliki makna lain, berikut ini adalah 3 makna yang bisa dipetik
dari ibadah qurban :

  1. Makna kurban yang pertama adalah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada allah swt.Sebagai manusia kita di ajarkan untuk menyerahkan segalanya kepada sang pencipta segala nya allah swt, hal ini telah di contohkan oleh nabi ibrahim yang telah menyerahkan serta mengiklhaskan putranya sendiri nabi ismail a.s yang sangat di cintai nabi ibrahim tetapi karena itu adalah perintah allah swt nabi ibrahim iklhas untuk mengkurbankan nya hal ini tentu sebagai wujud penyerahan diri atas segalanya kepada allah swt.
  2. Kedua adalah makna dari ibadah berqurban adalah berbagi kepada mukmin lain yang kurang mampu, ibadah qurban memang ibadah yang memiliki nilai sosial yang tinggi. dengan adanya ibadah qurban ini kaum muslim yang kurang mampu juga bisa memakan daging potongan hewan qurban tersebut.
  3. Makna qurban dalam islam yang terakhir adalah berkurban mengajarkan tentang keiklhasan, Ya keiklhasan untuk mengorbankan harta yang di milikinya untuk di belikan hewan kurban dan di potong agar dapat dibagikan kepada sesama hal ini bertujuan agar kita lepas dari sifat tamak, rakus dan cinta duniawi.

Baca Juga :

Qurban Di Global Qurban

Mari sahabat kita menunaikan ibadah qurban agar semakin sempurna keislaman kita dan juga agar semakin banyak
saudara saudara kita yang ikut merasakan kebahagian di hari raya idul adha nanti. Tunaikan qurban di global qurban yang insha’allah penyaluran nya akan benar-benar untuk orang – orang yang memang berhak untuk menerima.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *