Lembaga Penyalur Bantuan Donasi Gempa Palu dan Tsunami Donggala Sulawesi Tengah

By | 01/10/2018

Gempa Palu dan Donggala berkekuatan 7.4 SR Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018 petang. Gempa turut dirasakan hingga ke Mamuju. Sesaat setelah gempa besar merontokkan bangunan, gelombang tsunami itu datang, menyapu habis Kota Palu hingga ratusan meter. Selain menghancurkan Kota Donggala, guncangan gempa yang besar juga membuat bencana tsunami menimpa Kota Palu. Ketinggian gelombang air di Pantai Palu berkisar antara 1,5 hingga 3 meter dan menerjang bangunan di pesisir pantai hingga masjid dan salah satu pusat perbelanjaan di kota Palu. Guncangan gempa yang terjadi pun terasa di daerah-daerah sekitar Sulawesi Tengah, bahkan hingga ke Pulau Kalimantan.

Ekonomi Mati, Air Minum dan Pangan Nihil di Palu

Lebih dari dua hari dua malam pascagempa dan tsunami, reporter ACTNews yang berada di Kota Palu melaporkan kekacauan yang sebenar-benarnya sedang terjadi di antara ribuan jiwa pengungsi. Kekacauan terjadi ketika kebutuhan dasar seperti air minum, pangan, dan bahan bakar minyak (BBM) sangat sulit sekali didapat. “Logistik lumpuh sepenuhnya. Sementara bantuan logistik belum merata. Bensin tidak ada, bahkan sekadar air minum kami tak menemukan sejak pagi. Kami Tim ACT yang bertugas di Palu baru sempat minum sedikit sekali sejak pagi hari. Kondisi pengungsi jauh lebih berduka lagi. Masih sangat banyak warga yang tidak menemukan makanan sejak dua hari lalu,” ujar Nimas Afridha, Reporter ACTNews mengabarkan dari tengah Kota Palu, Ahad malam (30/9).

Sementara itu, di waktu bersamaan angka korban meninggal akibat tertimbun runtuhan dan terhempas gempa terus bertambah. Sampai Ahad (30/9) siang, jumlah korban meninggal dunia telah diperbarui kembali menjadi 832 jiwa. Tim Emergency Response ACT di Kota Palu melaporkan, penyintas gempa dan tsunami Palu terpaksa melakukan tindakan darurat terhadap minimarket. Karena tak tahu lagi ke mana harus mencari bahan pangan dan air minum. “Ada banyak sekali hambatan. Stok logistik masih sangat kurang. Listrik belum hidup, bahan bakar tidak ada dan relawan lokal yang terdampak gempa dan tsunami pun masih tersebar mengurus keluarga mereka terlebih dahulu. Distribusi bantuan akhirnya masih terhambat dan tidak merata,” tutur Nur Ali Akbar, anggota lain dari Tim Emergency Response ACT di Kota Palu .

Gempa Palu dan Donggala Apa Penyebab nya ?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa gempa Donggala Sulawesi Tengah bersumber dari sesar Palu Koro. “Disebabkan oleh sesar Palu Koro yang berada di sekitar Selat Makassar,”

Tim Emergency ACT Segera Menuju Lokasi

Sebagai Lembaga Penyalur Bantuan Donasi Gempa Palu dan Tsunami Donggala, Tim tanggap darurat DERM ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) telah bergerak menuju lokasi terjadinya gempa untuk membantu para korban dengan mendirikan dapur umum serta posko kesehatan.  Mohon doa dan dukungan Sahabat peduli ACT, agar misi kemanusiaan ini diberikan keselamatan dan kelancaran serta dilindungi dan diridhoi-Nya.

Berikut ini daftar nomor rekening yang bisa digunakan untuk memberikan bantuan kepada korban Gempa Palu dan Tsunami Donggala

Kirimkan kepedulian Anda melalui nomor rekening khusus Gempa Palu dan Tsunami Donggala:
Bank Mandiri # 101 000 4802 482
BNI Syariah # 0270 360 372
Bank Rakyat Indonesia # 0382 01 00077 0306
Bank Syariah Mandiri # 706 854 2973
Bank Central Asia # 676 060 5555
atas nama (Yayasan) Aksi Cepat Tanggap

#BersamaHadapiBencana

Donasi barang yang dibutuhkan untuk korban Gempa Donggala

Mohon maaf, demi memuliakan korban bencana gempa Palu dan Donggala kami hanya menerima pakaian baru. donasi barang untuk korban gempa palu dan tsunami donggala antara lain beras, makanan siap saji, peralatan masak, obat-obatan, tenda, air minum, pakaian, perlengkapan kebersihan, alas tidur dan makanan bayi.

Posko Gempa Palu dan  Tsunami Donggala Aksi Cepat Tanggap

Lokasi Posko ACT

PALU

PALU BARAT
Jalan Balaikota Selatan Kelurahan Tanamodindi Kecamatan Mantikulore Palu

PALU TIMUR
Jalan Haji Hayun No.38 Kota Palu, Sulawesi Tengah

SIGI
Pesantren Madinatul Ilmi Desa Kota Rindau Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi

Donggala

Donggala Barat
jl.pelabuhan 10
Kel.Boya
Kec.Banawa.donggala

Donggala Timur
Jl. Trans palu sabang
Desa. Lompio kec. Sirenja
Kab. Donggala wilayah Barat

9 thoughts on “Lembaga Penyalur Bantuan Donasi Gempa Palu dan Tsunami Donggala Sulawesi Tengah

  1. Rudi Zaidi

    Mohon komfirmasi apakah No rek ini benar utuk menyalurkan donasi gempa palu donggala :
    BNI 8660 2910 1805 0001
    A/N : Aksi Cepat Tanggap
    Saya mendapatkan WA dari rekan untuk memberikan sumbangsih dan saya telah terlanjur melakukan transfer 1jt tetapi saya hawatir akan penyalahgunaan karena setelah saya cek rekening tersebut tdk sesuai dgn rekening donasi ACT yg ada..Mohon info baliknya… Terimakasih.

    Reply
  2. rinda febiyanti

    Hi , mau tanya kl saya mau sumbang pakaian baru dan kebutuhan bayi korban palu saya kirim kmn ya ?

    Reply
    1. Admin Post author

      Hi kak Vita, terimakasih telah menghubungi tim Blog ACT, bisa langsung mengirim ke alamat kantor ACT terdekat kakak berikut laman informasi alamat kantor cabang ACT di seluruh Indonesia https://act.id/contact_us

      Reply
  3. Habiburrahman

    Rencana kami mau meyumbangkan dana buat korban gempa disulawesi tengah,
    Bearti kami tingal trazfer aja kan ke tekening yg ada diatas,,,?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *