Kondisi Garut Pasca Banjir Bandang

By | 26/09/2016

kondisi-banjir-garut
Banjir di Garut 21 September 2016 lalu merupakan musibah banjir badang yang tak pernah terjadi sebelumnya. Ketinggian mencapai 2 meter dengan arus deras menghancurkan fasilitas rumah warga hingga meratakan beberapa rumah pemukiman. Data terakhir  27 korban jiwa dan 22 masih hilang dalam pencarian. Kondisi Garut setelah banjir sangat memperihatinkan.

Banjir bandang datang menghantam 7 Kecamatan di Kabupaten Garut. Saat ini menyisakan sedih di hati warga. Malam itu, Selasa jelang tengah malam sekitar pukul 22:30 – 23.00 luapan Sungai Cimanuk menerjang deras daerah aliran sungai. Ribuan warga histeris ketakutan melihat terjangan banjir yang begitu dahsyat. Banjir tak hanya menggenang, arusnya deras, menerjang apapun yang dilewatinya.

Bahkan fenomena pasca terjangan menyisakan kerusakan hampir seperti tsunami, arus yang menerjang merusak rumah-rumah dan fasilitas umum. Ratuasan rumah rusak tak bisa dihuni, sebagian lainnya harus direnovasi. Tempat-tempat ibadah rusak dan peralatan hilang diseret banjir bandang. Kemudi 11 sekolah dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas yang terdampak dan harus direnovasi, menurut laporan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut menyebutkan.

kondisi-banjir-garut-2

Lilis salah satu korban mengungkapkan: “Waktu itu kami sudah pada tidur. Tiba-tiba warga berteriak “air…air….” Saya langsung keluar dan ternyata saat saya buka pintu, air langsung masuk deras. Saya sempat terseret arus. Semua terjadi sangat cepat. Seperti tsunami datang,” kisahnya merekam trauma.

“Warga banyak yang nangis nyari keluarganya. Ada yang anaknya ketinggalan di dalam rumah, ada yang hanyut, pokoknya serem,” tuturnya.

Begitu besarnya banjir, kondisi Garut pasca banjir genangan lumpur ada dimana-mana, masyarakat banyak yang harus mengungsi karena rumahnya rusak dan rata, sebagian harus berjuang menata kembali keadaan rumah yang nyaris kehilangan barang-barang berharga mereka.

Begitu menderita melihat saudara sebangsa di Garut saat ini. Kerugian milyaran rupiah, sulit dihitung satu per satu. Saat ini tim Aksi Cepat Tanggap berada di lokasi untuk terus berusaha membantu masyarakat untuk memperbaiki kembali rumah dan lingkungan yang telah porak-poranda.

Mari kita peduli untuk bersama-sama berikan, disini  Bantuan untuk Korban Banjir di Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *