Kenali Ragam Jenis Kambing Qurban Terbaik di Indonesia

By | 19/08/2015

Kambing Qurban Terbaik

Indonesia adalah lumbung ternak terbaik. Lingkungan negeri ini yang tropis dan sejuk sangat cocok bagi pengembangan hewan ternak kualitas ekspor. Terlebih di negeri yang mayoritas muslim ini, hewan ternak menjadi komoditas yang paling diburu untuk dimanfaatkan sebagai hewan qurban. Beragam jenis sapi dan kambing qurban kualitas dunia dikembangkan di Indonesia.

Berikut adalah gambaran beragam jenis kambing qurban terbaik asli asal Indonesia:

  1. Kambing kacang

Kambing jenis ini adalah kambing qurban ras unggul yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Umumnya tubuh kambing relatif kecil dengan kepala ringan dan kecil. Warna bulunya tunggal putih, hitam, cokelat, atau kombinasi ketiganya. Kambing kacang ini paling sering digunakan sebagai kambing qurban di Indonesia

  1. Kambing Etawa atau kambing Jamnapari

Sebagian besar masyarakat di Pulau Jawa tentu sudah cukup akrab dengan nama kambing etawa. Kambing ras unggulan yang awalnya didatangkan dari India ini punya beragam fungsi. Selain dapat diternakan sebagai kambing penghasil susu yang menyehatkan, kambing ettawa juga bisa digunakan sebagai kambing qurban. Badannya besar, tingginya bisa mencapai 127 cm, cukup tinggi dibandingkan kambing jenis lain. Kambing ettawa mampu menghasilkan susu hingga tiga liter perhari. Ciri yang paling mudah dikenali dari kambing etawa adalah telinganya yang panjnag dan terkulai ke bawah.

  1. Kambing Boer

Kambing jenis ini merupakan kambing pedaging yang paling digemari oleh para peternak. Kambing Boer pun sangat populer digunakan sebagai kambing qurban kualitas super. Asal kambing Boer ini dari negeri Afrika Selatan, pertumbuhan kambing ini bisa dibilang sangat cepat dibandingkan kambing jenis lainnya. Bayangkan kambing Boer ini bisa mencapai berat 35-45 kg pada usia lima hingga enam bulan. Jika diternakkan hingga umur 2-3 tahun, kambing Boer jantan mampu mencapai berat badan lebih dari 120-150 kg. Jika dijadikan kambing pedaging atau kambing qurban, persentase daging kambing boer pun bisa mencapai 40%-50% dari keseluruhan berat tubuhnya. Jauh lebih banyak dibandingkan kambing qurban jenis lainnya. Ciri yang paling mudah dikenali dari kambing boer ini adalah tubuhnya yang panjang, lebar dan berbulu putih. Kepalanya cenderung berwarna cokelat kemerahan, atau cokelat muda hingga cokelat tua, bertelinga panjang menggantung.

  1. Kambing kosta

Kambing ini merupakan kambing kota. Mengapa kambing kota? Karena kambing ini umumnya punya penyebaran di sekitar Kota Jakarta dan Provinsi Banten. Kambing Kosta pun menjadi salah satu ras unggulan yang diminati sebagai kambing qurban. Ciri khas kambing kosta adalah bentuk tubuhnya yang sedang, hidung rata, tanduk pendek, bulu pendek. Dulunya kambing kosta merupakan hasil dari persilangan ras unggulan kambing kacang dan kambing khasmir dari pegunungan India-Pakistan. Satu ciri unik lainnya dari kambing kosta adalah pasti selalu adanya motif garis yang sejajar pada bagian kiri dan kanan muka kambing. Umumnya kambing kosta diminati dan potensial sebagai kambing qurban adalah karena tubuhnya yang gemuk ke bagian belakang. Namun hingga hari ini, populasi jenis kambing kosta ini semakin jarang dan terus menyusut. (CAL)

img: sipendik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *