Kambing Qurban dari Lumbung Ternak Masyarakat

By | 17/07/2016

Kambing Qurban LTM

Bagi umat Islam, qurban merupakan suatu amalan sunnah yang dianjurkan ketika Hari Raya Idul Adha. Sungguh mulia bagi kita yang bisa melaksanakannya, mendapat nilai ibadah kepada Allah dan berbagi kepada sesama. Itulah sedikit prolog yang nantinya akan membuka pikiran kita bagaimana melihat sisi perekonomian masyarakat dan hubungannya dengan qurban. Salah satu karya untuk pemberdayaan masyarakat adalah kambing qurban dari Lumbung Ternak Masyarakat (LTM) yang dibangun oleh Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap.

Dengan dasar memberdayakan masyarakat dan mendorong untuk lebih banyak yang melaksanakan qurban, Global Qurban ACT membangun LTM yang direncanakan jangka panjang. LTM yang bisa memberdayakan masyarakat dan bisa memberi harga kambing yang lebih murah.Tujuan program LTM yang digagas GQ-ACT ini, selain mempersiapkan hewan kurban yang berkualitas, juga meningkatkan perekonomian para peternak yang bermitra dengan GQ-ACT.

Tujuan jangka panjang adalah memberikan stok berkualitas baik dengan harga kambing lebih murah. Berat minimal adalah 25 Kg per ekor kambing. Inilah streteginya, ketika stok kambing di LTM mencukupi, pada saat mendekati hari H qurban tidak kesulitan mencari stok kambing, sehingga harga bisa lebih stabil.

Baca juga: Harga Kambing Global Qurban

Dikutib dari website act.id menurut Aryanto , program LTM sangat memberdayakan, untuk membangun ekonomi umat (mayarakat). Sangat prospektif, karena potensi di Indonesia itu mayoritas adalah di peternakan dan pertanian.

“Alhamdulillah, pegawai (peternak) LTM di Cepu itu gajinya sudah sampai standar upah minimum Kabupaten/Kota (UMK),”ujarnya. Sedangkan untuk pegawai (peternak) LTM di Sleman, selain digaji dengan standar UMK, menurut Aryanto mereka juga difasilitasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan gratis melalui BPJS, yang semuanya ditanggung GQ-ACT.

Selain itu, LTM juga sebagai sarana pendidikan yang mengedukasi masyarakat yang ingin berternak dengan metode LTM. GQ-ACT mengedukasi dan memberi bimbingan kepada peternak baik individu ataupun kelompok, tentang teknis pengelolaan hewan ternak ala LTM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *