Ini Manfaat Terbaik Ibadah Qurban Bagi Sesama

By | 07/09/2015

Manfaat Qurban bagi Sesama

Selama ini kita selalu memandang bahwa ibadah yang diperintahkan Allah SWT memiliki koneksi yang menghubungkan hanya dengan kita seorang hamba dengan Tuhannya. Rangkaian ibadah yang kita tunaikan dari sejak fajar menyapa hingga dini hari di sepertiga malam memang pada dasarnya adalah bentuk nyata dari hubungan antara kita hambaNya dengan Allah SWT.

Lalu bagaimana dengan ibadah yang membawa manfaat bagi manusia? apa bentuk ibadah yang juga membawa manfaat sesama umat? Sedekah, zakat, infaq, atau apapun usaha baik yang kita lakukan terhadap orang lain bisa disebut sebagai ibadah yang membawa manfaat dan keberkahan sesama manusia. Namun, tak hanya itu. Islam pun mengajarkan ibadah yang membawa manfaat terbaik bagi sesama umat. Apakah itu?

Semua keberkahan yang mengalir, semua manfaat yang terbaik ada dalam keikhlasan ibadah qurban. Berikut adalah rangkaian manfaat terbaik ibadah qurban bagi sesama umat dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Ibadah Qurban menjaga eratnya silaturahmi

Rangkaian proses ibadah qurban diketahui telah membawa manfaat yang begitu besar bagi terjaganya nilai silaturahmi. Tak hanya bagi seorang, namun bagi puluhan, ratusan, bahkan ribuan muslim lain yang bersama-sama ikut menyukseskan rangkaian ibadah qurban. Terjaganya silaturahmi akan menambah keberkahan rezeki dan memudahkan dalam segala macam urusan. Rangkaian ibadah qurban yang berlangsung dalam beberapa hari akan menjadi momentum untuk menyatukan umat Islam. Tak ada perbedaan yang tercipta di hari idul qurban. Hanya kebahagiaan untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama.

  1. Ibadah Qurban akan mencukupi gizi masyarakat kecil

Tak dapat dipungkiri, daging adalah makanan pokok yang masih dianggap mahal di Indonesia. Tak semua golongan masyarakat dapat menikmati gizi dan lezatnya daging sapi ataupun kambing. Oleh sebab itu, ibadah qurban yang kita tunaikan akan membawa manfaat dan kebahagiaan bagi golongan masyarakat kecil. Qurban menjadi momen bagi mereka yang kurang mampu untuk memperbaiki asupan gizi dari nikmatnya manfaat daging sapi maupun kambing

  1. Ibadah Qurban menjadi momen untuk memakmurkan masjid

Selama satu tahun penuh, masjid di depan rumah, di sebelah rumah atau beberapa langkah dari rumah jarang kita singgahi, jarang diramaikan oleh ibadah, dan terlupakan karena kesibukan rutinitas pekerjaan dan ikhtiar. Maka dari itu, karena rangkaian proses qurban biasanya dilakukan di area sekitar masjid. Maka saat hari raya qurban nanti, ratusan orang bahkan ribuan umat akan menyesak di masjid, menyelesaikan semua proses ibadah qurban mulai dari penyembelihan, hingga distribusinya dari masjid. Sesungguhnya, Rasulullah pernah berkata bahwa memakmurkan masjid adalah sesuatu yang diutamakan.

  1. Ibadah qurban membawa manfaat yang luar biasa bagi para peternak lokal

Indonesia sebagai negeri dengan populasi petani dan peternak yang berlimpah bisa menjadi negara yang mandiri apabila kesejahteraan mereka terpenuhi. Untuk sekadar bahan pokok makanan dan daging ternak sudah seharusnya menjadi tanggung jawab petani dan peternak lokal tanpa perlu mengimpor dari negeri lain. Bagi para peternak sapi pedaging di Indonesia, momen ibadah qurban akan meningkatkan kesejahteraan dan kekuatan ekonomi para peternak lokal. Imbasnya produsen ternak pun akan semakin mandiri dan mampu meningkatkan populasi ternak yang dibutuhkan. Manfaatnya, ekonomi kecil pun akan menguat.

Keempat manfaat di atas hanya segelintir dari banyak sekali manfaat ibadah qurban bagi umat. Ibadah memang seharusnya tak semata-mata ibadah, namun juga bisa membawa manfaat bagi sesama muslim dan masyarakat lainnya.

(CAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *