Ini 7 Puncak Tertinggi yang Menjulang di Tanah Indonesia

By | 10/09/2015

Puncak Tertinggi Indonesia

Dunia mengenal 7 puncak tertinggi di dunia, atau sering dikenal sebagai the seven summits of the world. Ketujuh puncak tertinggi di dunia itu menjadi obsesi maksimal para pendaki ulung di seluruh dunia. Namun jangan salah, negeri ini sebagai kawasan yang berada di tepian lempeng Pasifik dan Eurasia pun punya puncak-puncak tertinggi yang tak kalah eksotisnya.

Jika dijajarkan, Indonesia memang bisa dibilang sebagai negara dengan populasi gunung terbanyak di dunia, baik itu gunung tektonik maupun gunung vulkanik. Ratusan gunung dengan ekosistem yang masih alami di Indonesia pun hampir mencapai klimaksnya dalam beberapa tahun terakhir, ketika ribuan anak muda di Indonesia berbondong-bondong punya hobi dan minta yang sama untuk mendaki puncak-puncak tertinggi di Indonesia.

Berikut adalah 7 puncak tertinggi yang menjulang di atas tanah Indonesia, menjadi puncak dari 7 pulau dan kepulauan utama di Indonesia. Beberapa faktanya dikutip dari goodnewsfromindonesia.

  1. Gunung Cartenzs Pyramid: Puncak tertingi di tanah Papua

1-cartenz

Puncak Cartenzs adalah puncak tertinggi di Papua sekaligus puncak tertinggi di Indonesia, bahkan menjadi bagian dari 7 summits of the world karena merupakan puncak tertinggi di lempengan benua Australia. Di benak masyarakat Indonesia, Puncak Cartenzs pun sering dikenal sebagai Puncak Jaya dengan ketinggian puncak mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, puncak Jaya merupakan bagian dari Pegunungan Maoke (Barisan Sudirman)

  1. Gunung Binaiya; Puncak tertinggi di kawasan Kepulauan Maluku

2-binaiya

Nama Gunung Binaiya di Kepulauan Maluku memang tak setenar nama Gunung Gamalama di Ternate, namun jika di ukur di atas permukaan laut, Puncak Binaiya ini terletak di ketinggian 3.027 mdpl, tertinggi di Maluku. Gunung tektonik ini terletak di Pulau Seram, Kabupaten Maluku tengah. Maluku

  1. Puncak Rantemario di Gunung Latimojong, Puncak tertinggi di Pulau Sulawesi

3-Rante Mario

Sulawesi dikenal sebagai titik tengah ekosistem alam Indonesia yang kaya, barisan pegunungan tinggi menjajar dari Barat Daya di Sulawesi Selatan menjajar ke kawasan Sulawesi Tengah. Puncak tertinggi di Pulau Sulawesi ini dapat ditemukan di Gunung Latimojong dengan puncaknya yang dinamakan Rante Mario, ketinggiannya mencapai 3.478 mdpl. Gunung Latimojong adalah bagian dari pegunungan tektonik yang menjajar di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

  1. Gunung Bukit Raya, Puncak tertinggi di Pulau Kalimantan

4-Gunung Bukit Raya

Sesungguhnya jika dihitung wilayah negara Malaysia, puncak tertinggi di Pulau Kalimantan ada di Kota Kinabalu. Gunung Kinabalu di Timur Laut Kalimantan dekat Tarakan bahkan punya ketinggian menyamai Puncak Cartensz. Namun jika dihitung berdasarkan the seven summits of Indonesia, maka puncak tertinggi di Kalimantan ada di Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 m dpl. Gunung tidak berapi yang merupakan bagian dari Muller Schwaner ini terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

  1. Rinjani, Gunung dengan predikat puncak tertinggi di Nusa Tenggara dan Bali

5-rinjani

Nama Gunung Rinjani bisa jadi adalah nama gunung yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Gunung Rinjani punya ketinggian puncak 3.726 mdpl. Menjadikannya puncak tertinggi di Nusa Tenggara dan Bali. Rinjani terletak di Pulau Lombok, persis di sebelah timur Pulau Dewata, Bali.

  1. Gunung Semeru, Puncak Mahameru. Tertinggi di di Pulau Jawa

6-Semeru

The most popular mount in Indonesia sepertinya masih dipegang oleh Gunung Semeru dengan Puncak Mahameru. Mahameru menjadi puncak tertinggi yang berada di atas pulau Jawa. Puncaknya berada di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung yang sering disebut sebagai puncak para dewa ini ada di Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang.

  1. Puncak Indrapura, di Gunung Kerinci, Puncak tertinggi di Pulau Sumatera

7-indrapura

Bentangan pegunungan Bukit Barisan yang menjajar di sepanjang barat Sumatera telah membentuk puncak tertinggi di Pulau Sumatera. Lokasinya berada di Gunung Kerinci, dengan nama Puncak Indrapura. Ketinggian puncaknya mencapai sekira 3.800 mdpl. Gunung Kerinci merupakan Gunung berapi dengan vulkanik aktif, lokasinya berada di perbatasan Provinsi Sumatera Barat dan Jambi.  (CAL)

img : djarumsuper, kmpaekacitraunj.files.wordpress.com, carstenszpapua.com, goodnewsfromindonesia.org, viva.co.id, wikimedia.org, fotofamilyku.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *