Hukum Bayar Zakat Online Menurut Agama Islam

By | 30/05/2018

Hukum Bayar Zakat Online

Sekarang ini zaman sudah berubah menjadi zaman digital, dimana setiap aktifitas dilakukan secara online. begitu juga umat muslim di Indonesia saat ini lebih cenderung untuk memilih menyalurkan zakat dan sedekahnya melalui aplikasi online.‎ Selain transfer bank, pembayaran zakat juga sering dilakukan secara digital.

Zakat online sendiri merupakan proses pembayaran zakat yang dilakukan melalui bantuan sistem digital atau online, di mana pemberi zakat (muzaki) tidak bertemu langsung dengan amil zakat dalam melakukan pembayaran zakat.  Metode ini muncul sebagai bentuk adaptasi pada perkembangan zaman di mana sekarang dimudahkan dengan bantaun sistem digital.

Pembayaran Zakat Di Zaman Rasulallah

Pada zaman Rasulullah SAW akad penyerahan zakat merupakan suatu hal yang sangat penting dan amat bermakna. Dengan adanya akad, akan menjadi jelas siapa saja yang sudah bayar zakat dan siapa yang belum bayar. Bahkan mungkin siapa yang menolak untuk  membayar zakat.

 

Berbeda dengan di zaman ini, zakat bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan sistem digital. Tanpa harus bertemu atau menghampiri dari rumah ke rumah seperti yang ada di zaman Rasulullah SAW.

Baca Juga :

hukum bayar zakat online

Lalu bagaiamana Hukum Zakat Online ?

Mengenai berzakat melalui online hukumnya adalah diperbolehkan. Seperti yg diutarakan oleh Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, beliau beropini bahwa, “Seorang pemberi zakat nir wajib menyatakan secara eksplisit pada mustahik bahwa dana yg ia berikan adalah berzakat.

Oleh karenanya, apabila seorang  tanpa menyatakan pada penerima zakat bahwa uang yang ia serahkan adalah zakat, maka zakatnya permanen sah.” Artinya, seseorang sanggup menyerahkan berzakat secara online kepada forum amil zakat yang terpercaya.

Tetapi, jangan lupa jika sudah melakukan zakat jangan lupa untuk melakukan konfirmasi ke lembaga amil zakat disertai dengan konfirmasi secara tertulis dalam bentuk pernyataan. Dengan konfirmasi tersebut uang zakat ke rekening zakat secara khusus akan memudahkan amil (lembaga amil zakat ) dalam mendistribusikan harta zakat kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

One thought on “Hukum Bayar Zakat Online Menurut Agama Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *