Menikmati Hikmah Qurban di Hari Idul Adha

By | 19/08/2015

Hikmah Qurban

Menjelang perayaan akbar hari besar Islam Idul Adha beberapa pekan ke depan, diskusi yang memantik rasa ingin tahu seputar idul qurban semakin sering dibincangkan di tengah masyarakat, baik melalui forum diskusi di masjid-masjid, maupun melalui forum di ruang maya. Ibadah qurban pada dasarnya adalah perayaan hari raya umat Islam terbesar kedua setelah bahagia yang memuncak di idul fitri. Momentum idul qurban adalah momentum baik untuk menebar kebahagiaan dengan berbagi manfaat hewan qurban ke semua saudara yang membutuhkan.

Karena posisinya yang setara dengan hari raya lebaran, perayaan idul qurban pun punya segudang manfaat dan hikmah. Beragam hikmah qurban nyata tertulis dalam AL Quran serta berbagai perkataan Rasulullah.

Berikut adalah beragam hikmah qurban yang sudah dihimpun dari berbagai sumber dan bermacam Hadits Shahih.

  1. Hikmah Qurban yang utama: qurban menjadi ciri umat Rasulullah SAW

Satu perkataan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan mampu atau lapang, lalu Ia tak berqurban, maka janganlah Ia mendekati tempat shalat Ied kami.” (H.R Ahmad dan Ibnu Majah)

  1. Setiap helai bulu hewan qurban adalah bernilai satu kebaikan

Rasulullah pernah berkata bahwa hikmah qurban yang terbaik ada pada setiap helai bulunya. Diriwayatkan dari sahabat Zaid bin Arqam, Ia berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu ”Rasulullah kemudian menjawab qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibarahim. Lalu mereka bertanya lagi, Apa keutamaan atau hikmah qurban yang kami peroleh dengan qurban? Rasulullah menjawab: Setiap satu helai bulunya berarti satu kebaikan. (H.R Ahmad dan Ibnu Majah)

  1. Hikmah qurban punya manfaat yang menggembirakan kaum yatim dan dhuafa

Pada dasarnya ibadah qurban adalah berbagi kebahagiaan dengan menikmati daging qurban bersama seluruh saudara. “Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum, dan dzikir kepada Allah” (HR. Muslim)

  1. Ibadah qurban menjadi ibadah yang punya derajat cinta amat dicintai Allah SWT

Aisyah pernah berkata, Rasulullah bersabda: “Tak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah hewan qurban atau menyebelih hewan qurban.

  1. Hikmah qurban yang mudah dirasakan: qurban merupakan bagian dari syiar agama Islam

Setiap perayaan hari raya qurban, seluruh umat tak terkecuali golongan apapun, bangsa apapun, bahkan agama apapun ikut merasakan nikmatnya daging qurban. Oleh sebab itu, Hikmah qurban yang paling mudah dirasakan adalah syiar agama Islam bagi seluruh umat.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan qurban, seupaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan kepada mereka. Maka Tuhanmi Ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk dan patuh kepada Allah (Q.S. Al Hajj: 34) (CAL).

One thought on “Menikmati Hikmah Qurban di Hari Idul Adha

  1. Pingback: 3 Hikmah Qurban Yang Dapat Dirasakan Pada Idul Adha – lookforinsurance.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *