Mengenal Hari Nakba

By | 15/05/2018

Hari Nakba

Hari Nakbah merupakan hari dimana bangsa palestina harus terusir dari tanah kelahiran oleh bangsa israel yang mendorong terbentuknya negara israel pada tahun 1948, Hari ini diperingati

pada tanggal 15 mei 1948.

Tahun 1948, menjadi fase dimulainya kemunduran dan kesengsaraan bagi bangsa Palestina. Sejak itulah, tepatnya tanggal 15 Mei setiap tahun, rakyat Palestina memperingatinya sebagai Hari Nakbah (Tragedi Kemanusiaan untuk Rakyat Palestina). Sebuah tragedi yang mendorong terbentuknya “Negara Israel” dan yang menjadikan bangsa palestina terusir dari negara nya sendiri.

Saat ini, di Jalur Gaza terdapat kamp pengungsian. Sebanyak 650-700 ribu pengungsi didistribusikan ke dalam empat kamp pengungsian utama. Sementara empat kamp lainnya, masing-masing dihuni oleh 100-150 ribu pengungsi. Sehingga, jumlah pengungsi di Jalur Gaza mencapai 1,3 juta jiwa.

Lalu kenapa kita harus memperingati hari nakba ?

  1. Untuk kembali mengkonsolidasi umat Islam agar tetap bersatu dan berada dalam satu barisan dalam membela dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Serta membentuk opini untuk mengambil simpati dunia akan permasalahan bangsa palestina

Baca Juga :

  1. Untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat internasional bahwa sampai saat ini rakyat Palestina masih dijajah serta tertindas secara keji oleh zeonist Israel.
  2. Mengingatkan kepada setiap generasi yang lahir ke atas bumi ini akan permasalahan Palestina dan agar mereka tidak lupa dengan Peristiwa yang ada di Palestina dan Mesjid Al-Aqsha.
  3. Dengan peringatan Hari  Nakba Palestina kita bisa membentuk opini secara global mengenai Palestina dan Israel. Ini demi mendorong lahirnya gerakkan besar dalam upaya pembebasan Palestina
  4. Dan yang terakhir, tentu dengan peringatan Nakba ini, Kita hendak mengatakan kepada dunia bahwa pendirian dan kemerdekaan Negara Israel tidak sah karena dilakukan dengan penjajahan tanah, Pengusiran dan pembantaian terhadap rakyat Palestina. Dengan itu selamanya Zeonist Israel tidak akan dapat merasakan kenikmatan dalam merayakan kemerdekaannya karena selalu diganggu isu tentang Palestina.

Semoga dari peringatan Hari Nakba Palestina ini akan lahir gerakan besar dalam upaya Pembebasan bangsa Palestina. Alangkah mulianya jika masyarakat dunia bergerak bersama, memperingati Yaum al-Nakba ini secara serentak dengan turun ke jalan-jalan dan mendesak pemerintahnya agar segera membantu dan mengakui keberadaan Negara Palestina dan mengembalikan hak-hak rakyat Palestina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *