Distribusi Qurban | Sebar Qurban Nusantara dan Seluruh Dunia

By | 05/07/2018

Sebar Qurban Nusantara

Umat islam memiliki dua hari raya penting di setiap tahun nya, Idul Fitri Dan Idul Adha di setiap hari raya umat islam tersebut selalu ada hal yang menarik. Dan yang cukup spesial adalah idul adha, Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah,
semua umat Islam yang tidak ikut untuk melaksanakan haji akan ikut merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu,
seluruh umat Islam sangat dianjurkan atau disunnahkan untuk melakukan qurban dimana mereka akan menyembelih hewan qurban untuk kemudian daging hewan qurban akan sebar kan kepada mereka yang berhak menerima nya.

Lalu apakah itu qurban ? Kenapa kita harus berqurban dan menyebarkan daging qurban nya ?

Kata Qurban sendiri berasal dari bahasa arab yang arti nya dekat. Dan jika diartikan qurban itu berarti mendekatkan
diri kepada allah swt, dengan cara menyembelih hewan ternak seperti (Sapi, kerbau, kambing,unta) pada hari idul adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk mendekatkan diri kepada allah swt. Qurban sendiri memiliki keutamaan nya sendiri hal ini seperti yang dijelaskan Aisyah ra.

Dari Aisyah ra, Nabi SAW bersabda, ” Tidak terdapat sesuatu amalanpun yg dilakukan oleh manusia pada hari raya idul adha yang sangat dicintai Allah SWT menurut menyembelih hewan qurban sesungguhnya fauna qurban itu kelak dalam hari kiamat akan tiba bersama tanduk-tanduk nya, bulu nya dan kukunya, Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh, beliau pahalanya sudah diterima disisi Allah swt. Maka beruntunglah kalian menggunakan pahala qurban tersebut.” (HR Tirmidzi).

Mengenai cara pendistribusian hewan qurban yang paling baik disebutkan dibeberapa dalil berikut ini :

Supaya mereka mensaksikan aneka macam manfaat bagi mereka dan agar mereka menyebut nama allah swt pada hari yang sudah ditentukan (Yaitu lepas 10-13 Dzulhijah) Atas rezeki yg allah swt berikan kepada mereka berupa hewan-hewan ternak, Maka makanlah sebagahagian daripadanya & sebagahagian lagi berikanlah buat dimakan orang-orang yg fakir dan miskin. (QS. Al-Hajj [22]:34)

sebar qurban nusantara

Proses Pembagian daging qurban

Sesuai dengan ayat alquran diatas dijelaskan bahwa allah swt menjelaskan bahwa penyembelihan hewan qurban adalah suatu wujud dari rasa syukur atas nikmat yang di berikan allah swt, dan disyariatkan untuk membagikan daging hewan qurban kepada orang orang fakir dan juga orang-orang miskin.Dalam hadist shahih lain juga dijelaskan bahwa Rasulullah saw melarang para sahabat nya untuk menyimpan daging qurban di karenakan pada saat itu banyak masyarakat miskin yang datang ke madinah al-munawaroh untuk meminta daging qurban, maka rasulullah saw memerintahkan untuk memberikan dan menyebarkan kepada masyarakat fakir dan miskin tersebut.

sebar qurban nusantara

Baca Juga :

 

Sungguh mulia ahlak rasulullah saw, oleh karena itu kita sebagai umatnya wajib untuk mengikuti apa yang telah beliau lakukan yaitu dengan membagikan daging qurban kepada mereka yang membutuhkan, Bukah hanya disekitar tapi juga sebar qurban nusantara bahkan dunia seperti negara negara yang sedang dilanda krisis seperti ( Palestina, suriah, yaman, rohingya) sehingga kita dapat ikut andil untuk membahagiakan mereka semua di hari raya idul adha yang penuh dengan keberkahan.

Source image : act.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *