Dibalik Kelezatannya, Ketahui Manfaat Daging Sapi Qurban bagi Tubuh

By | 07/09/2015

Manfaat Daging Sapi

Hampir di semua masakan daerah di Indonesia pasti tak pernah luput bahan dasar daging sapi. Tak dapat dipungkiri daging sapi menjadi pilihan makanan favorit. Bahkan rendang yang diakui dunia sebagai makanan terlezat di dunia pun berbahan dasar daging sapi. Selain karena kelezatannya, daging sapi pun punya banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Banyak kandungan gizi alami dalam daging sapi yang memang diperuntukkan sebagai makanan pokok bagi tubuh.

Namun, karena mahalnya harga seekor sapi, tak semua golongan masyarakat kecil di negeri ini mampu setiap hari mengkonsumsi daging sapi. Bahkan sebagian besarnya dari masyarakat kecil itu diyakini hanya bisa mencicip gizi dan lezatnya daging sapi di momen idul qurban satu tahun sekali. Ibadah qurban adalah kesempatan untuk berbagi kebahagiaan bersama siapapun. Terlebih bagi masyarakat kecil, bersama menikmati lezatnya daging qurban.

Berikut adalah beragam manfaat daging sapi qurban jika dikaji dari kandungan gizinya:

  1. Kandungan protein daging sapi itu sangat tinggi

Satu gizi utama yang banyak terdapat dalam daging hewan qurban terutama sapi adalah kandungan protein. Protein adalah zat yang penting bagi tubuh dan setidaknya harus terpenuhi setiap harinya. Protein membantu membentuk tubuh, tulang, dan massa otot. Walau memang protein juga bisa didapatkan dari kandungan telur dan tempe maupun tahu, namun tetap jenis protein hewani yang terkandung dalam daging sapi qurban adalah jenis protein terbaik yang bisa diserap tubuh.

  1. Zat besi pada daging sapi sangat tinggi

Secara umum, zat besi memiliki fungsi utama untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan sel dan mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Zat besi pun berguna untuk menjadi benteng pertahanan dalam melawan penyakit karena zat besi memiliki fungsi menambal sistem kekebalan tubuh yang rusak. Nah, kandungan zat besi inilah yang banyak terkandung dalam daging sapi qurban.

  1. Daging sapi pun mengandung vitamin

Tak selamanya vitamin itu hanya terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Ternyata daging sapi qurban punya zat vitamin B yang kaya dalam setiap potongan daging yang dicerna dalam tubuh. Vitamin B kompleks adalah jejeran vitamin B1, B2, B3, B6, B11, dan B12 yang punya banyak sekali fungsi. Mulai dari menjaga keseimbangan air dalam tubuh, merangsang kinerja saraf mata, membentuk sel darah, hingga membantu proses pertumbuhan.

  1. Daging sapi qurban nyata mengandung Omega 3 dan lemak

Sudah sekian lama, omega 3 yang juga terkandung pada daging ikan punya manfaat ajaib bagi tubuh. Omega 3 punya manfaat untuk membantu menjaga dan memelihara sistem saraf pusat dan membantu terjaganya fungsi jantung dan hati. Selain itu daging sapi pun punya kandungan lemak yang cukup banyak. Lemak punya fungsi utama untuk menambah tenaga dan energi untuk menjalankan rutinitas sehari-hari. (CAL)

img : pleisbilongtumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *