Dampak La Nina Wilayah Indonesia Rawan Bencana

By | 21/06/2016

dampak-la-nina
Cuaca ekstrim di Indonesia akhir-akhir ini terus terjadi dan diluar perkiraan masyarakat. Ini adalah salah satu dampak dari yang disebut La Nina adalah dimana kondisi hujan turun lebih banyak di Samudera Pasifik sebelah barat Australia dan Indonesia. Peristiwa bencana banjir dan longsor di Jawa yang baru saja terjadi adalah salah satu dampak La Nina di Indonesia.

Seperti dikutip dari Metronews bahwa beberapa daerah di Jawa terdampak La Nina, hujan yang tidak dapat diprediksi datang tiba-tiba dengan curah hujan yang tinggi. Sesuai data dan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, potensi ancaman bencana berhubungan dengan hidrometeorologi. Ada kemungkinan terjadi bencana banjir, tanah longsor, angin kencang atau puting beliung di beberapa wilayah.

Pasalnya masyarakat mengira sudah memasuki musim kemarau sehingga tidak mengira  akan turun hujan dengan curah yang tinggi, akibatnya seperti pada Jumat 17/6 2016 kemarin hujan seharian menyebabkan banjir dan longsor yang memakan korban jiwa tak sedikit jumlahnya. Terhitung 47 tewas yang sudah ditemukan dan masih ada belasan jiwa belum ditemukan.

Informasi cuaca tak cukup cepat sampai pada masyarakat, bahkan BNPB pun tak bisa memprediksi secara pasti untuk menyempaikan kepada warga supaya cepat mengantisipasi. Keadaan Indonesia saat ini berada dalam “musim kemarau basah” dalam setahun ke depan dengan tingkat curah hujan 15 persen di atas normal. Fachri, dilansir BBC Indonesia.

Khususnya untuk masyarakat di daerah rawan bencana semaksimalnya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana yang mungkin terjadi. Hal ini juga mengajak masyarakat berpartisipasi dalam upaya mitigasi, sehingga ancaman bencana yang akan timbul dapat dicegah.

Peringatan untuk tahun 2016 potensi bencana tiba-tiba akibat dari dampak La Nina bisa kapan saja terjadi. Salah satu yang paling sering adalah banjir akibat meluapnya sungi-sungai besar seperti Ciliwung, Citarum, Bengawan Solo, dan Brantas. Setiap kali meluap dan banjir pasti menegakibatkan kurugian secara fisik dan materi. Karena itu juga sebenarnya kesadaran warga di kawasan sungai juga harus ditingkatkan, karena setiap kali meluap mereka sendiri yang terkena dampaknya.

Dampak La Nina juga menyebabkan banjir rob dan gelombang tinggi terjadi di daerah pesisir pantai. Bulan Juni – Juli ini yang sudah merendam beberapa wilayah pesisir di Indonesia. Salah satu contohnya telah terjadi banjir rob di cianjur pada minggu kedua bulan Juni 2016 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *