Berbagai Jenis Banjir dan Penyebabnya

By | 05/10/2016

MILL CREEK

Banjir merupakan bencana yang paling sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Selain iklim dan cuaca, wilayah geografis Indonesia juga menjadi salah satu faktor terjadinya bencana ini. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir terbagi menjadi 3 kategori, yaitu banjir genangan, banjir bandang, dan banjir rob.

1. Banjir genangan
Banjir genangan atau sering hanya disebut dengan istilah banjir merupakan kategori yang paling sering terjadi. Penyebab banjir ini dapat berupa meluapnya air dari sungai, danau, maupun selokan yang menampungnya. Curah hujan yang tinggi dan lama di area sekitar sungai maupun danau mengakibatkan tempat-tempat ini tidak mampu lagi menampung volume air yang masuk. Selain itu, banjir genangan dapat pula disebabkan oleh aliran sungai dan selokan yang tidak lancar sehingga menghambat sirkulasi air yang melaluinya.

2. Banjir bandang
Berbeda dengan banjir genangan, banjir bandang terjadi ketika volume air yang sangat tinggi meluap ke area daratan dalam kurun waktu yang cepat. Debit air yang besar dan mengalir dengan kecepatan tinggi dapat menyapu bersih apapun yang dilaluinya, termasuk pepohonan dan rumah warga. Banjir ini juga seringkali membawa material lain seperti lumpur. Oleh karena itu, berbagai kasus banjir bandang memakan korban jiwa yang besar. Beberapa contoh banjir bandang yang pernah melanda Indonesia yaitu Banjir Bandang Garut (2016), Banjir Situ Gintung (2009), dan Banjir Jember (2006).

3. Banjir rob
Banjir rob disebut juga banjing laut pasang. Fenomena ini disebabkan oleh pasang naik air laut yang mencapai daratan. Pasang turun-naik air laut sejatinya merupakan peristiwa yang normal terjadi di daerah pesisir. Akan tetapi, hal ini menjadi berakibat buruk apabila naiknya permukaan air laut sampai menggenangi area pemukiman warga. Biasanya banjir rob menjadi salah satu efek samping dari fenomena La Nina, gejala perubahan iklim yang mengakibatkan naiknya curah hujan dan gelombang air laut di beberapa daerah di sekitar Samudera Pasifik, termasuk Indonesia. Salah satu banjir rob yang baru saja terjadi di Indonesia yaitu banjir rob di pesisir Pekalongan (2016).

 

Sumber: Buku Saku BNPB Edisi 2012
Image: koin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *