Bencana Rohingya | Ribuan Tenda Pengungsi Rohingya Tersapu Arus Banjir

By | 06/07/2018

Banjir Rohingya

Rohingya adalah sebuah kelompok etnis Indo-Arya dari Rakhine (juga dikenal sebagai Arakan, atau Rohang dalam bahasa Rohingya) di Myanmar. Rohingya adalah etno-linguistik yang berhubungan dengan bahasa bangsa Indo-Arya di India dan Bangladesh.

Sejak sebelum myanmar merdeka, etnis Rohingya sudah berkali-kali berusaha disingkirkan dari wilayahnya sendiri.
Pada tahun 2012, muncul gerakan Rohingya Elimination Group yang didalangi oleh kelompok ekstremis 969. Konflik yang pecah memakan korban sekitar 200 jiwa dan 140.000 warga Rohingya lainnya dipaksa tinggal
di kamp-kamp konsentrasi yang tidak manusiawi.

Menurut sebuah studi oleh International State Crime Initiative (ISCI) dari Queen Mary University of London, Etnis Rohingya telah memasuki tahap akhir genosida yaitu pemusnahan massal serta penghilangan dari sejarah. PBB juga menyebut Rohingya sebagai kelompok etnis paling teraniaya di dunia.

banjir rohingya

Etnis Rohingya kian hari kian terpuruk nasibnya dalam pusara derita. Bukan hanya kisah nestapa dari negeri asalnya di Myanmar, pengungsi Rohingya di pengungsian Cox Bazar, Bangladesh, kini tengah mendapat cobaan alam. Hujan deras tanpa henti pada 4 Juli kemarin, menyebabkan banjir dan longsor yang turut meluluhlantakkan gubuk-gubuk mereka.Diperkirakan satu orang meninggal dunia dan 34 jiwa lainnya terluka akibat bencana hidrologi terhitung sejak 11 Mei lalu. Tak hanya itu, banjir besar ini juga meninggalkan 33.220 pengungsi Muslim Rohingnya di Bangladesh dalam kondisi memprihatinkan. Ancaman kelaparan parah dan kematian ini kian nyata mendekat, mereka hidup tanpa sandang, tanpa pangan, dan tanpa papan.

Dengan gubuk jerami yang kini telah nyaris rata dengan tanah. Para pengungsi terpaksa tidur beratapkan langit. Harta dan ragam sandang lenyap terhempas banjir dan tertimbun longsor, hanya menyisakan pakaian yang melekat di tubuh. Jelas, sudah tak ada lagi gentong penyimpanan bahan makanan ataupun sawah pertanian di sana. Nyaris seluruhnya telah hancur dan terbalut lumpur akibat banjir besar.

banjirrohingya

Saatnya wujudkan bantuan terbaik demi ringankan penderitaan saudara-saudara kita para Muslim Rohingya dengan aksi nyata. Harta, jiwa, tenaga dan do’a, sangat mereka butuhkan. Semoga, tiap bulir keikhlasan yang terpancar dari rasa kepedulian terhadap saudaranya, kelak manisnya akan kita petik di Surga-Nya.

Baca Juga :

Saatnya kita bergandengan tangan untuk menyelamatkan mereka. #LetsHelpRohingya merupakan seruan dari Aksi Cepat Tanggap kepada semua pihak yang peduli kemanusiaan. Salurkan kepedulian Anda untuk mereka sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *