Bersama ACT, Berikan Bantuan untuk Korban Banjir di Garut

By | 23/09/2016

donasi-act-banjir-garut

Melihat kondisi banjir di Garut yang terjadi dua hari lalu benar-benar menyedihkan. Selang 2 hari pasca banjir bandang pada Jumat 23 Sepetmeber 2016 tim Aksi Cepat Tanggap mengirimkan informasi dari lokasi. Kerusakan rumah dan fasilitas umum akibat terjangan banjir melebehi perkiraan banjir biasa yang terjadi sebelumnya.

26 meninggal dunia, ratusan rumah rata diterjang banjir, 10 sekolah tak dapat dipakai dan puluhan mushola dan masjid mengalami rusak parah, masih banyak orang hilang belum ditemukan. Aksi Cepat Tanggap dan juga berbagai elemen sosial masyarakat Indonesia turut terjun lapangan untuk cepat memberikan bantuan untuk korban banjir di Garut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jumlah pengungsi bencana banjir bandang di Garut mencapai 1.000 orang. Meraka masih dalam kondisi pilu karena tempat tinggalnya rata dengan tanah, dan keluraganya masih belum ditemukan

Prioritas ACT dengan tim relawan MRI, mendirikan posko kemanusian, dapur sosial sebagai tim peduli banjir Garut untuk memberikan bantuan kepada warga korban secara cepat dalam kondisi darurat pasca banjir di garut saat ini antara lain:

donasi-act-bantuan-banjir-garut

1. Kebutuhan pokok
Sembako untuk korban yang masih kesulitan mendapatkan sumber makanan pokok akibat banjir dan mereka yang masih sulit bekerja karena kondisi rumah yang rusak.

2. Makanan siap saji
Terutama disediakan untuk balita, anak-anak, ibu-ibu dan lanjut usia yang kehilangan tempat tinggal akibat diterjang banjir

3. Layanan medis dan kesehatan
Pasca banjir bandang korban anak-anak dan lanjut usia sangat rentan terserang penyakit semacam diare dan flu. Dengan posko kemanusian layanan medis tersedia agar cepat bisa memberikan bantuan kesehatan

4. Kasur dan selimut
Ribuan rumah diterjang banjir hingga 1,5 meter banyak merendam dan merusak terutama kasur. Kasur dan selimut menjadi barang pokok yang dibutuhkan dan mahal untuk kalangan masyarakat terdampak banjir, apalagi rumah mereka yang masih porak poranda.

5. Alat kebersihan
Butuh ribuan alat kebersihan karena hampir setiap sudut yang tersisa sampah dan sisa-sisa kerusakan rumah.

6. Air bersih
Pasca banjir sudah dipastikan sumber air bersih menjadi kotor semua. Untuk sementara Garut membutuhkan suplai air bersih untuk minum, mandi dan mencuci

Bersama Aksi Cepat Tanggap, mari kita berikan donasi bantuan untuk korban banjir di Garut, sauadara sebangsa yang kesusahan tertimpa musibah banjir bandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *