ACT Berbagi Qurban Ke Wilayah Miskin di Indonesia

By | 04/08/2016

act-qurban-wilayah-miskin

Aksi Cepat Tanggap (ACT) merupakan lembaga kemansiaan global yang selalu aktif dalam kegiatan kemanisiaan. Persoalan kesenjangan sosial di Indonesia masih tinggi, keadaan si miskin dan si kaya. Di Indonesia saat Idul Adha masyarakat banyak yang melakukan qurban sebagai ibadah yang penuh keberkahan di sisi Allah dan kebaikan berbagi antar sesama manusia. Namun di Indonesia juga masih banyak wilayah yang mayoritas masyaraktnya miskin dan jarang ada yang melaksanakan qurban disana, karena sebagian besar masyarakat nya kurang mampu.

Disinilah harusnya bagi setiap muslim yang mampu berqurban, tergerak hatinya untuk mencoba datang ke wilayah-wilayah miskin ini dan berbagi qurban disana. Memang benar jika syiar qurban itu sebaiknya di tempat tinggalnya, namun jika ada kerelaan memberikan ke daerah yang masyarakatnya kekurangan, tentu ada perasaan terharu melihat mereka bahagia saat menerima daging qurban.

Inilah yang menggerakkan Global Qurban – ACT untuk membantu amanah orang-orang mampu yang inging berkurban. lembaga ini melihat, ternyata banyak orang mampu namun tak sempat menyembelih dan membagikan qurban. Dan benar saja, saat didirikan Global Qurban seketika banyak amanah qurban dari para dermawan yang ingin mendistrisikan qurban mereka ke wilayah-wilayah miskin di Indonesia.

Kalimat yang disampaikan penerima daging qurban sangat mengharukan, terasa bahagia akan kerelaan untuk menyembelihkan disana. Kami (relawan GQ-ACT) lupa lelah jika sudah meilihat kebahagiaan mereka saat menerima daging.

“Maturnuwun maring ACT sing wis nyembeleh kewan kurban nang shelter Bandingan, padahal lia liane ora nana sing aweh korban” (terimakasih selai pada ACT yang telah menyembelih hewan qurban di sehlter Bendingan, padahal yang lain ga ada yang memberi qurban)

Begitu terjemahan kata yang muncul dari Wahno warga Desa Bandingan, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara. Itu hanya satu contoh kata yang begitu membuat hati membuncah terharu, masih ada ratusan kalimat dari mereka yang rela memberikan hewan qurbannya

Baca juga: Global Qurban Upayakan Pemerataan Distribusi

Prinsipnya adalah saudara muslim dimanapun berada sungguh indah jika bisa rata menikmati kebahagiaan qurban, hari dimana warga muslim makan daging, yang sebelumnya setahun tak pernah makan daging sapi dan kambing, di moment qurban bisa merasakannya.

Kunjungi www.globalqurban.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *