4 Kenikmatan di balik Lezatnya Daging Hewan Qurban

By | 21/09/2015

Kurban

Kurang dari seminggu lagi, jutaan muslim di dunia akan menyambut kemeriahan hari raya Idul Adha. Di saat sebagian kecilnya sedang menunaikan kewajiban rukun Islam dengan berhaji di Baitullah, sebagian besar yang lain sedang sibuk menyiapkan berbagai macam proses untuk urusan menyembelih hewan qurban.

Seperti yang pekan ini makin nampak di beragam penjuru tanah air. Sebagai negeri yang punya populasi muslim terbanyak di dunia. Perayaan Idul Qurban di Indonesia selalu menjadi perayaan yang meriah dan penuh bahagia.

Apalagi jika mengingat kondisi ekonomi dan budaya makanan orang Indonesia yang tak terlalu menjadikan daging qurban sebagai jenis makanan utama. Simpulan ini nampak dalam sebuah jajak pendapat Kompas (dikutip dari National Geographic) pada 689 responden yang berusia minimal 17 tahun yang tersebar secara random di 12 kota besar di Indonesia, survei dilakukan pada Agustus 2015.

Hasilnya memaparkan bahwa ternyata frekuensi mengonsumsi daging sapi masyarakat Indonesia masih rendah. Simpulannya begini, dalam satu bulan, sebanyak 42,4 persen responden mengaku hanya mengonsumsi daging sapi segar sebanyak 1-2 kali. Bahkan 20 persen di antaranya tak pernah mengonsumsi daging sapi dalam satu bulan terakhir.

Menanggapi hal tersebut, dilihat dari sisi kesehatannya, tentu momen ibadah qurban akan menjadi saat-saat dimana hampir sebagian besar muslim di Indonesia bisa merasakan kenikmatan gizi terbaik di balik lezatnya daging qurban.

Berdasarkan kandungan gizinya, sedikitnya ada 4 kenikmatan yang bisa diambil dari lezatnya daging hewan qurban:

  1. Daging hewan qurban punya protein tinggi

Sudah bukan lagi jadi rahasia umum bahwa daging hewan qurban itu mengandung zat protein esensial dalam konsentrasi tinggi yang disebut sebagai protein hewani. Protein itu punya fungsi untuk membentuk tulang dan massa otot. Selain butuh kalsium, tubuh pun butuh sumber protein yang baik untuk tumbuh kembangnya.

  1. Daging hewan qurban mengandung zat besi

Selain protein, satu zat kaya yang terkandung dalam daging hewan kurban baik sapi maupun kambing adalah zat besi. Zat besi menjadi kunci dari terjaganya sistem kekebalan tubuh. Pada hewan qurban, zat besi konsentrasi tertinggi ada pada daging sapi.

  1. Vitamin juga ada di dalam daging hewan qurban

Selain protein tinggi dan kaya zat besi, ternyata vitamin sangat kompleks pun terkandung dalam seiris daging hewan qurban. Terutama vitamin B kompleks di antaranya jejeran vitamin B1, B2, B3, B6, B11, dan B12. Untuk diketahui, vitamin B kompleks berperan penting dalam merangsang efektivitas kinerja syaraf mata, membentuk sel darah, dan membantu proses pertumbuhan.

  1. Daging hewan qurban pun mengandung omega 3, selenium, dan rendah sodium

Selain kandungan utama yang penting bagi tubuh seperti protein, zat besi, dan vitamin, daging hewan qurban pun punya manfaat yang lebih kompleks lagi karena punya kandungan tetap omega 3. Namun jangan lupa bahwa daging hewan kurban baik itu sapi qurban maupun kambing qurban punya potensi kolestrol yang cukup tinggi. Mengonsumsi daging hewan qurban saat idul adha nanti dengan bijak daa cermat sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas tubuh mutlak diperlukan agar manfaat daging hewan qurban mampu terserap maksimal. (CAL)

Selamat Berqurban!

img : eatocracy.cnn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *