2 Kemungkinan Penyebab KM Marina Baru Tenggelam di Teluk Bone

By | 28/12/2015

penyebab-tenggelamnya-kapal-marina-baru

Menjelang akhir tahun, bencana bertubi-tubi menghantam urusan transportasi di Indonesia. Mulai tergelincirnya pesawat Kalstar rute Ende-Kupang di Bandara El Tari Kupang, Kecelakaan fatal Metro Mini yang terseret kereta di pintu perlintasan stasiun Angke, hingga yang paling terbaru adalah kabar tenggelamnya kapal penumpang KM Marina Baru berpenumpang seratusan orang di Teluk Bone, sebelah selatan Sulawesi.

Kabar tentang tenggelamnya Kapal Marina Baru ini pun mulai menjadi pembicaraan sejumlah media seiring dengan puluhan korban tewas yang mulai ditemukan oleh tim Basarnas. Hingga tulisan ini diturunkan, kabar terakhir yang dilansir oleh CNN Indonesia menyebutkan penumpang yang ditemukan berjumlah 106 orang. Dari jumlah tersebut, 40 orang ditemukan berhasil selamat termasuk sang kapten kapal, kemudian 66 lainnya ditemukan tewas tak bernyawa mengapung di tengah lautan. Sementara itu 12 orang lainnya yang masuk dalam daftar manifes KM Marina Baru masih dalam proses pencarian.

Lalu, seiring dengan proses pencarian korban KM Marina, pertanyaan netizen dunia maya pun menyeruak tentang apa yang menjadi penyebab dari tenggelamnya KM Marina Baru? Apakah ada kaitannya dengan tren cuaca buruk, angin kencang, dan ombak tinggi yang tejadi beberapa pekan terakhir?

Berikut adalah 2 kemungkinan penyebab tenggelamnya KM Marina Baru di Teluk Bone, Sulawesi Selatan:

  1. Kapal Marina Baru ternyata terbuat dari bahan fiberglass yang lebih mudah pecah dibanding kapal berbahan baja

Pasca kejadian tenggelamnya KM Marina Baru, publik pun mengetahui ternyata KM Marina terbuat dari bahan fiberglass. Bahan pengganti yang lebih ringan dan tentu lebih murah produksi dan harganya ketimbang kapal berbahan baja. Seorang praktisi boat bulider Ali Yusa dilansir dari CNN mengatakan bahwa kapal berbahan fiber seperti KM Marina Baru tak layak untuk dipakai perjalan jarak jauh yang berombak tinggi.

Namun memang hingga hari ini proses penyidikan penyebab tenggelamnya kapal masih berlangsung. Akan tetapi, ada kemungkinan yang masuk akal KM Marina Baru tenggelam karena dihantam oleh ombak besar, apalagi bahan dasar komposisinya adalah fiberglass yang rentan pecah.

  1. KM Marina Baru berlayar dengan spesfikasi yang tak sesuai standar.

Sesaat pasca kejadian tenggelamnya KM Marina Baru, stasiun BMKG wilayah Makassar mengatakan bahwa kondisi ombak dan cuaca di sekitar perairan Teluk Bone tak berada dalam kondisi buruk. Cuara tergolong cerah dan ketinggian ombak masih normal di bawah 2 meter. Jika memang kondisi cuaca cerah, maka kemungkinan kedua penyebab tenggelamnya KM Marina adalah karena kapal tersebut berlayar tak sesuai dengan spesifikasi standar. Hal ini dikuatkan oleh pernyataan dari praktisi pelayaran Achmad Fadjar yang juga dilansir CNN. Menurut Fajar, kini banyak desain konstruksi kapal dan proses laminasi lambung kapal fiberglass yang tidak mengacu pada persyaratan sehingga kekuatan konstruksinya sulit dijamin. Banyak pula galangan kapal yang belum memiliki standar mengenai penggunaan material, komposisi, dan prosedur laminasi. (cal)

img : cnn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *