Yuk Kenali Seabin, Ember Ajaib Penyedot Sampah dan Tumpahan Minyak di Lautan

By | 07/01/2016

seabin-project

Anda menyukai berlibur di laut? Birunya warna laut luas dengan ketenangan yang ditawarkan memang menjadi obat pelepas penat yang luarbiasa menyenangkan. Namun mungkinkah selamanya lautan luas di dunia ini masih tetap berwarna biru? Mungkinkah laut tidak tercemar oleh bahan kimia atau racun lain yang berbahaya akibat ulah manusia itu sendiri?

Faktanya, laut di seluruh dunia, tak terkecuali lautan Indonesia penuh oleh sampah yang menggenang. Terlebih sampah yang hanyut di lautan luas biasanya adalah sampah plastik yang tak pernah bisa hancur atau terurai selama ribuan tahun. Kenyataan menunjukkan ada sekitar 8 juta ton sampah yang mengapung di lautan.

Sekitar 90% dari 8 juta ton sampah itu adalah sampah plastik yang mengapung maupun tenggelam di dasar lautan. Sampah plastik jelas sangat berbahaya bagi ekosistem lautan, karena sampah plastik akan terurai secara fisika, dan menjadi pecahan-pecahan plastik kecil, dan akhirnya menjadi partikel plastik. Partikel plastik itulah yang dapat termakan oleh satwa laut, termasuk ikan laut yang kita konsumsi sehari-hari. Bayangkan ikan laut yang terhidang di meja makan adalah ikan yang turut memakan sampah plastik itu!

Selain sampah plastik, masalah utama yang makin merusak kondisi laut Kita adalah tentang minyak tumpahan minyak yang juga tak bisa membaur dengan air laut. Tumpahan minyak ini seringkali disebabkan oleh kebocoran minyak di kapal laut yang berlalu lalang di lautan luas.

Lantas, tak adakah solusi untuk menghilangkan sampah dan tumpahan minyak dari lautan di Samudera dunia?

Ternyata belum lama ini dua orang peselancar dari Australia mengaku telah menemukan sebuah teknologi canggih yang menjadi perangkat untuk pembersih laut, alat ini dinamakan sebagai Seabin. Dikutip dari National Geographic, dua peselancar Australia ini bahkan memutuskan berhenti dari pekerjaan mereka dan berkutat dalam lab untuk mencari solusi brilian memerangi jutaan ton sampah di lautan kita.

Bagaimana cara kerja Seabin ini? dari video rilisannya yang dapat disimak dalam laman Youtube/Seabin Project, ember ajaib penyedot sampah dan tumpahan minyak ini bekerja layaknya filter air di tangki akuarium ikan di rumah Anda. Begitu sederhana dan efektif, serta murah untuk diaplikasikan.

Dalam prosesnya, Seabin tak perlu di bawah ke tengah laut dan disebar terombang ambing menghilang di tengah Samudera. Cukup tempatkan Seabin ini di tiap dermaga apung yang berada di jutaan dermaga di seluruh dunia.

Konsep kerjanya sangat sederhana: sebuah ember dihubungkan pada pompa air yang terkoneksi di dekat dermaga. Kemudian biarkan Seabin menghisap sampah yang mengambang di laut ke dalam kantong berbentuk jala yang berada di mulut ember ini. Kekuatan sedotan Seabin ini ampuh untuk menghisap berbagai macam sampah plastik yang sering mengotori laut semacam botol plastik, kertas, styrofoam, dll.

Pada Seabin juga terdapat sistem pemisah air dan minyak yang sifatnya opsional di dalam pompa. Hal ini dapat menghilangkan minyak dan deterjen dari air laut sebelum mengalirkan air telah bebas polusi itu kembali ke laut melalui sisi lain pompa. Inovasi teknologi sederhana yang luar biasa bukan? (cal)

img : seabinproject

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *