Waspada, Gunung Soputan Terancam Meletus Kembali

By | 04/05/2016

gunung-soputan-meletus

Gunung Berapi di Indonesia berjejer tanpa henti. Negeri ini memang sejak lama dikenal sebagai negeri dengan jejeran gunung berapi terbanyak. Rings of Fire Pacific atau jejeran gunung berapi pasifik nampak berkumpul di Indonesia. Maka dari itu wajar jika hampir tiap saat banyak gunung berapi di Indonesia yang bergejolak menandakan aktivitas vulkanisnya.

Seperti yang terjadi di awal Mei 2016 ini, mengutip dari Antara, dikabarkan Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara kembali berada dalam status waspada. Gejolak vulkanik Gunung Soputan ini memang menjadi aktivitas vulkanis paling aktif selama beberapa bulan terakhir. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara Joppie Mokodaser, hingga hari ini status vulkanik Gunung Soputan berada di level dua atau dalam status waspada.

Malah sebelumnya dikabarkan Gunung Soputan mencapai level tiga. Namun mengingat aktivitas vulkaniknya yang masih fluktuatif dan cenderung menurun, BPBD Kabupaten Minahasa Tenggara memutuskan untuk menurunkan kembali status Gunung Soputan menjadi level dua.

Namun walaupun begitu, status waspada Gunung Soputan ini tetap tak bisa dianggap sepele. BPBD Minahasa Tenggara memberikan peringatan awal bagi warga untuk menjauhi kegiatan di sekitar Gunung Soputan. Sebab dapur vulkanik Soputan bisa kapan saja mengeluarkan semburannya. Zona berbahaya Gunung Soputan di level dua atau waspada ini berada di jarak 1,5 dari puncak Gunung.

Mengingat kembali aktivitas vulkanik Gunung Soputan yang sangat aktif, baru beberapa bulan lalu Soputan meletus. Awal Februari 2016 Gunung Soputan dikabarkan meletus dalam kategori medium. Saat itu, Kecamatan-kecamatan yang terdampak debu letusan Gunung Soputan meliputi Kecamatan Pasan, Tombatu, Tombatu Timur, Tombatu Utara, Belang dan Kecamatan Ratatotok.

Jika Gunung Soputan meletus kembali di bulan Mei ini, maka wilayah paling berbahaya terkena dampak letusan ada di radius delapan kilometer, pemukiman paling dekat dari puncak Soputan berada di jarak 8 kilometer dari puncak gunung.

Sebagai informasi, Gunung Soputan adalah satu dari sekian banyak gunung berapi yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Gunung ini dilihat dari sejarah masa silam terbentuk pada masa Kuarterner di tepi selatan kaldera Tondano. Karena pergerakan lempeng bumi yang cukup aktif fi bawah permukaan Soputan, maka Gunung ini dicap sebagai salah satu gunung api teraktif di Sulawesi, bahkan di Indonesia. Tercatat telah terjadi letusan yang cukup sering dalam rentang waktu beberapa tahun sekali. Dari Kota Manado, Gunung Soputan berjarak sekitar 50 kilometer di sebelah barat daya-selatan. (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *