Wakaf Tunai Produktif dan Manfaatnya Bagi Masyarakat

By | 03/12/2016

wakaf tunai

Wakaf tunai atau wakaf uang merupakan salah satu instrumen solusi pengentasan kemiskinan yang sangat kuat apabila dikelola dengan maksimal. Jenis wakaf ini memiliki karakteristik yang dianggap lebih “bersahabat” bagi khalayak ramai, terutama para calon wakif yang tidak memiliki aset tanah maupun bangunan. Selain itu, wakaf tunai juga dinilai dapat menjadi salah satu solusi efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kemiskinan.

Berikut merupakan beberapa manfaat produktif dari ditunaikannya wakaf uang bagi masyarakat umum:

a) Wakaf tunai mengandalkan aset lancar (liquid) berupa uang. Dengan demikian, pelaksanaannya lebih mudah apabila dibandingkan dengan wakaf tanah dan bangunan. Dalam segi jumlah, wakaf tunai hanya membutuhkan porsi kecil kekayaan sehingga dapat menarik semakin banyak orang untuk berwakaf. Salah satu implementasinya yaitu dalam bentuk wakaf rombongan yang berpotensi memaksimalkan aset wakaf yang akan dikembangkan.

b) Selain itu, wakaf ini juga berpotensi mengembangkan produktivitas aset wakaf tak bergerak seperti tanah dan bangunan. Aset-aset seperti tanah dan bangunan yang sudah diwakafkan tentunya memerlukan biaya pengelolaan agar produktivitasnya maksimal. Dengan begitu, manfaat pengadaan fasilitas publik dapat dirasakan oleh lebih banyak umat.

c) Manfaat lain dari wakaf tunai juga bisa dirasakan oleh organisasi-organisasi pendidikan yang memiliki permasalahan dalam biaya pengelolaan operasionalnya. Dalam hal ini, wakaf berperan sebagai sumber dana  cadangan yang dapat dimanfaatkan di waktu-waktu tertentu.

d) Yang terakhir yaitu wakaf tunai dapat mengurangi ketergantungan berbagai institusi Islam terhadap pemerintah sehingga mendorong mereka untuk lebih leluasa mengembangkan pelayanannya. Salah satu institusi pendidikan Islam yang berhasil mengambangkan dirinya melalui wakaf adalah Universitas Al Azhar di Mesir.

Baca juga: Wakaf Uang, Bagaimana Hukumnya?

Sumber: The Role of Cash Waqf in Poverty Alleviation, KLIBEL4, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *