Tips Saat Berpuasa Agar Tak Muncul Nyeri Lambung

By | 16/06/2016

tips-puasa-sehat

Siapa yang bisa mengelak tentang kenyataan bahwa puasa menyehatkan tubuh? Ribuan penelitian medis yang digagas selama berabad terakhir memang menunjukkan kenyataan positif bahwa puasa Ramadhan selalu membawa impak yang baik bagi kesehatan tubuh. Dari penelitian tersebut ada tips saat berpuasa agar tidak terjadi nyeri lambung terjadi tiba-tiba.

Kosongnya lambung selama 13 jam lebih berpuasa akan membuat tubuh beristirahat sejenak mencerna makanan yang kita konsumsi. Dalam istirahat tubuh inilah, segala penyakit dan racun akan bertahap dinetralkan dari dalam tubuh. Pada akhirnya, tubuh akan menjadi makin sehat dan terbebas dari sisa-sisa racun yang mengendap dalam tubuh.

Namun dalam beberapa kasus, menyikapi puasa Ramadhan dengan cara yang kurang tepat malah bisa memicu munculnya gejala penyakit lambung. Apalagi hal ini kebanyakan akan sangat dirasakan oleh beberapa orang yang sebelumnya memang sudah punya gejala penyakit lambung. Dalam kondisi berpuasa Ramadhan, membiarkan lambung kosong selama belasan jam bisa memicu gejala nyeri lambung, dan biasanya akan berakhir terkena maag.

Tapi satu hal yang perlu diingat, nyeri lambung ketika puasa hanya akan berlaku bagi siapa pun yang terkadang luput menyikapi puasa dengan cara yang kurang tepat. Rasa nyeri pada lambung terjadi ketika ada peningkatan asam lambung yang berlebihan, ditambah pula ada udara yang masuk ke dalam lambung dari mulut. Akhirnya lambung akan mengalami kembung dan nyeri. Padahal perut sedang dalam kondisi kosong karena berpuasa Ramadhan. Ketika perut kosong, asam lambung yang diproduksi untuk mencacah zat makanan akan berinteraksi langsung dengan dinding lambung, hal inilah yang memicu rasa nyeri.

Biasanya, gejala nyeri lambung memang akan muncul di hari-hari awal puasa, namun percayalah bahwa tubuh akan sangat mampu untuk beradaptasi dengan sendirinya membiasakan rutinitas harian di bulan puasa. Mengutip dari CNN, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Maulana Suryamin mengatakan adaptasi lambung biasanya paling lama akan memakan waktu 7 hari.

Selain membiarkan tubuh untuk beradaptasi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah nyeri lambung tidak muncul saat sedang berpuasa. Tips paling utama adalah menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu munculnya nyeri lambung dan gejala sakit maag saat berpuasa. Makanan ini meliputi sayuran dan buah yang mengandung gas dalam jumlah tak sedikit, seperti sayur kol kemudian buah durian, nangka atau kedongdong.

Selain itu, sebaiknya kurangi pula konsumsi minuman yang bisa memicu asam lambung berlebihan, seperti kopi, alkohol, wine, dan juga susu full cream. Mengapa susu full cream kurang baik bagi tubuh saat berpuasa? Sebab susu full cream cenderung besifat sulit dicerna oleh lambung, sehingga lambung butuh memproduksi asam lambung yang lebih banyak, otomatis kerja lambung akan lebih besar. (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *