Status Gunung Bromo Aman untuk Wisata Lebaran

By | 01/07/2016

status-Gunung-Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu Gunung berapi aktif dengan aktivitas vulkanik yang cukup tinggi. Kawasan Bromo selalu menjadi tujuan wisata favorit di di Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Dipastikan jumlah wisatawan bakal banyak pada saat Hari kedua hingga ke tujuh Lebaran. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya sebelum berwisata melihat dulu bagaimana status Gunung Bromo saat ini

Pasca lebaran tahun 2016, untuk memberi informasi pada wisatawan terkait demi keamanan, berikut ini data status Gunung Bromo yang disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB:

Kondisi asap tebal putih kelabu kecoklatan keluar dari kawah Gunung Bromo. Seringkali asap ini disertai abu vulkanik tipis hingga di permukaan sesuai arah angin yang menerbangkannya. Status masih Waspada (level II). Diperkirakan kondisi ini masih akan berlangsung lama.

Pariwisata Gunung Bromo tetap dibuka untuk umum
Kondisi pariwista Gunung Bromo AMAN untuk wisatawan kecuali di dalam radius 1 km dari puncak kawah. Masyarakat tidak perlu takut atau khawatir dengan kondisi aktivitas vulkanik Gunung Bromo saat ini. Justru adanya erupsi kecil menjadikan wisata yang menarik untuk mesyarakat memahami gunungapi.

Kondisi visual pengamatan Gunung Bromo cuaca cerah-mendung, angin tenang, suhu 12-19°C. Hujan gerimis-deras (45.4mm). Gunung Bromo jelas-kabut. Asap kawah teramati putih kelabu kecoklatan sedang-tebal, tekanan lemah-sedang, tinggi asap berkisar 200-1000 meter dari puncak kawah kearah barat-selatan. Suara gemuruh lemah-kuat. Hujan abu tipis di pos PGA.

Rekomendasi:
Sampai saat ini status Gunung Bromo adalah WASPADA bagi masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo. Arahan dari BNPB ini sebaiknya diperhatikan karena pada Januari 2016 erupsi Gunung Bromo sempat terjadi cukup besar hinga 7 kali letusan.

sumber: bnpb.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *