Sejarah Singkat Palestina

By | 25/01/2017

sejarah singkat palestina
Siapa yang tidak pernah mendengar Palestina, negara timur tengah yang dihuni tidak lebih dari sepertiga penduduk Indonesia tersebut seringkali di sebut-sebut oleh media nasional dan internasional karena konflik yang terjadi di dalamnya. Palestina adalah sebuah nama untuk menyebut wilayah barat daya negeri  Secara geografis Palestina terletak di bagian barat benua Asia dan bagian pantai timur Laut Tengah. Palestina terletak di titik strategis penting, karena dianggap sebagai penghubung antara benua Asia dan Afrika, di samping sebagai sentra yang mempertemukan wilayah dunia Islam.

 

Sejarah Palestina Pra-sejarah

Sejarah berdirinya negara Palestina dimulai sejak periode purwa-Kanaan. Hal ini diperkuat dengan sebuah fosil manusia berumur lebih dari 1,5 juta tahun yang lalu pada era Pleistocene. pal-1-1Pada tahun 1925 di sebuah goa bernama Goa Zuttiyeh juga ditemukan sisa-sisa makhluk hidup yang kemudian diberi nama “Manusia Palestina”. Mereka mempunyai kebudayaan yang cukup maju. Penggalian arkeologis di beberapa Kota Kanaan, seperti Megiddo, Hazor, dan Sikhem, menemukan situs-situs, perabotan, keramik, dan permata. Benda-benda itu diperkirakan dibuat sebelum abad ke-17 SM. Bangsa Kana’an diperkirakan adalah cikal bakal lahirnya keturunan Bangsa Palestina.

 

Sejarah Palestina di Era Modern

Sejarah berdirinya negara Palestina modern dimulai dari tahun 1516 ketika Ottoman Turki menduduki Palestina dan Istanbul ditunjuk sebagai pemerintah lokalnya. Kekuasaan akan Palestina terancam ketika Napoleon Bonaparte memulai perang sejak 7 Maret hingga Juli tahun 1799. Penyerangan ini gagal dan berakhir saat Napoleon dibunuh oleh adiknya yang bekerja sama dengan Ottoman. Pada tanggal 10 Mei 1832, daerah Syria Ottoman dikuasai oleh ekspansionis Mesir di bawah pimpinan Muhammad Ali dalam perang Mesir-Ottoman di tahun 1831, meski begitu pihak Ottoman kembali melawan dan baru kalah ketika mereka bergabung dengan Kekaisaran Jerman dalam Perang Dunia I.
Palestina modern juga diwarnai dengan konflik berdarah antara Israel-Palestina sampai sekarang. Perebutan wilayah dengan sebutan ‘tanah yang dijanjikan’ bagi bangsa Israel tersebut hingga kini masih selalu menjadi topik utama dalam perbincangan dunia. Konflik berdarah Israel-Palestina dimulai pada tahun 1948 dengan dimulainya perang antara bangsa Arab-Israel. Tempat dimana Rasulullah Salallahu wa’alaihi wassalam melakukan isra’mi’raj, Al Aqsha telah lebih dari 40 tahun diperebutkan dan hasilnya kaum muslimin menjadi korban. Selama lebih dari 40 tahun jutaan warga Palestina masih terlunta-lunta. Gerakan intifadhah yang dimulai pada tahun 1987 adalah salah satu upaya penduduk Palestina untuk melawan kekejian Israel. Namun intervensi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab belum bisa memenangkan hak warga Palestina. Nasib Palestina sampai saat ini masih belum jelas. Pendudukan Israel atas tanah Palestina belum juga terhapuskan.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Konflik_Israel_dan_Palestina

www.portalsejarah.com/sejarah-berdirinya-negara-palestina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *