Sedekah Pangan : Memberi Dengan Sebaik-baik Pemberian

By | 23/03/2017

 

Mengapa sedekah pangan yang terus Aksi Cepat Tanggap galakan ?

Sejatinya sedekah pangan adalah bentuk paling baik dalam ber-sedekah. Seperti yang kita tahu, dunia saat ini tengah berada di kesulitan pangan yang amat sangat. Di Indonesia, tak ayal masalah pangan seringkali menjadi isu utama yang dibahas dalam meja pemerintahan, entah masalah gizi buruk, anak dengan busung lapar, pemerataan distribusi pangan yang tidak merata dan masih banyak lagi. Pulau-pulau terpencil di Indonesia adalah daerah dengan paparan kerawanan pangan yang cukup tinggi, namun mirisnya masalah kerawanan pangan ini juga dialami oleh daerah-daerah perkotaan.

Tentu, tidak hanya Indonesia yang mengalami kerawanan pangan. Masalah ini telah menjadi masalah dunia yang memerlukan perhatian khusus. Untuk menangani permasalahan ini, PBB bahkan membuat lembaga langsung dibawahnya yaitu FAO (Food and Agriculture Organization) yang membahas tentang kerawana pangan dan bagaimana cara mengatasinya

Salah seorang Ustadz di sebuah kajian di kantor pusat Aksi Cepat Tanggap pekan lalu pernah berujar bahwa “Allah Ta’ala tak akan pernah membiarkan satu orang pun manusia di dunia kelaparan, permasalahannya pasti ada di pengelolaan manusia tersebut” Makna dari kalimat tersebut menunjukkan bahwa hadits Rasulullah Salallahu Wa’alaihi Wasallam berbunyi

لَوْ أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصاً وَتَرُوحُ بِطَاناً

Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang.”

Kerawanan pangan sejatinya erat kaitannya dengan kebiasaan kita sehari-hari yaitu rutinitas untuk tidak membuang-buang makanan, apalagi dengan sengaja. FAO kembali menyebutan fakta mencenangkan tentang makanan sisa ini, “jumlah makanan satu tahun yang terbuang dapat mencukupi kebutuhan satu benua Afrika”. Bayangkan, berapa ton makanan sisa yang terbuang apabila banyaknya saja seluas 30,37 kilometer persegi ?

Dengan ikhtiar menjawab kerawanan pangan dunia, ACT membawa sebuah program komphrensif Sedekah Pangan. ACT berkomitmen memenuhi kebutuhan dasar hidup untuk kelompok rentan kelaparan. Memberikan solusi pangan bergizi bagi balita yang membutuhkan penanganan intensif terkait gizi buruk. Dalam keadaan darurat, sedekah pangan menjadi garda terdepan dalam pemenuhan pangan siap saji bagi korban bencana.

Sedekah Pangan memastikan sedekah yang kita salurkan tepat sasaran dan terasa nyata manfaatnya. Melalui Sedekah Pangan, setiap waktu menjadi momen terbaik dalam berbagi kebaikan. Sedekah Pangan memiliki tiga bagian penting yang membuatnya istimewa, yakni: Bengkel Gizi Terpadu (BeGiTu), Layanan Makan Gratis, dan Paket Pangan (PP).

Mari tunaikan sedekah, dengan sebaik-baik pemberian yaitu sedekah pangan 🙂

Informasi lebih lanjut : www.sedekahpangan.com

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *