Klorin, Mesin Pembunuh Terlarang Anak-Anak Suriah

korban suriah

Aksi Cepat Tanggap – Donasi Suriah, “Klorin merupakan salah satu zat kimia pabrik yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat. Biasanya, zat ini digunakan sebagai disinfektan untuk kolam maupun air minum. Zat klorin juga digunakan pada pabrik kertas dan pakaian untuk pestisida, karet, dan larutan.”

“Gas klorin memiliki bau yang sangat tajam seperti pemutih dan memiliki warna kuning-hijau. Karena klorin memiliki kepadatan dua setengah kali lebih padat dari udara, ia bisa jatuh ke tanah di area dengan sirkulasi udara yang kecil.”

“Ketika klorin digunakan sebagai senjata dalam penyerangan, zat ini sangat mematikan. Dalam Perang Dunia I, terdapat larangan penggunaan zat ini di medan perang oleh perjanjian internasional. Sifat korosif dari gas tersebut memiliki efek buruk bagi kesehatan.
Meskipun dalam level yang rendah, klorin dapat menyebabkan iritasi pada mata, kulit, dan mengganggu perjalanan udara.”

“Dengan menghirup gas klorin atau kontak langsung dengan mata atau kulit, akan mengakibatan sesak pada dada, pengelihatan yang kabur, pusing, pernafasan yang memendek, dan perih pada kulit.”

“Perubahan keseimbangan pH pada darah juga akan menghancurkan organ. Dosis yang berlebih juga berpotensi pada kematian setelah beberapa jam kemudian.”

“Pada tingkat sel, klorin memisahkan hidrogen dari jaringan kelembapan air, yang kemudian melepaskan oksigen dari hidrogen klorida, lalu menyebabkan kerusakan jaringan. Oksidasi klorin juga dapat membentuk hypochlorus acid, yang akan merusak struktur sel.”

“Gejala akut yang berhubungan dengan gas klorin akan menghilang setela tiga sampai lima hari, namun membutuhkan berbulan-bulan agar fungsi paru-paru untuk kembali normal. Masalah pernafasan kronis akibat dari gas ini dapat menjadi perhatian yang menganggu kesehatan jangka panjang.”

(National Geographic)

==========

Lembaga Bantuan Suriah

Kengerian dampak penggunaan gas klorin (dan juga sarin), kembali terulang di Bumi Syam. Ialah kota Khan Sheikhun di Provinsi Idlib, Suriah, yang menjadi target kekejian konflik tak kunjung usai hingga menewaskan puluhan orang termasuk WANITA dan ANAK-ANAK kecil yang tak berdosa.

Sejak 2012, Aksi Cepat Tanggap (ACT) setidaknya telah 12 (dua belas) kali mengirimkan Global ACTion Team ke kamp pengungsian warga Suriah, baik yang di dalam Suriah maupun di perbatasan atau negara tetangga sekitar Suriah. Pada 2015 lalu ACT mengirim tim ke perbatasan Turki, Jordania, Libanon dan beberapa negara Eropa seperti Jerman, Yunani hingga masuk ke salah satu kamp pengungsian di Provinsi Idlib, Suriah. Terakhir, pada bulan Maret 2017 kemarin ACT mendistribusikan paket pangan dan paket pakaian hangat bagi ratusan kepala keluarga di kota Ariha, Idlib, dan kota Al-Atareb, rural Aleppo.

Insya Allah, ACT akan terus menyalurkan amanah bantuan bangsa Indonesia bagi warga Suriah. Mohon doanya agar segala ikhtiar ACT senantiasa diridhoi-Nya dan segenap relawan dan mitra implementasi ACT diberikan keselamatan dan kesehatan selama bertugas.

Nomer Rekening Donasi Suriah

#LetsACTIndonesia

#LetsHelpSyria

#SaatnyaUmatSelamatkanUmat

#SOSSyria

Klik disini untuk baca artikel lainnya

7 thoughts on “Klorin, Mesin Pembunuh Terlarang Anak-Anak Suriah

  1. aisyah

    Assalammualaikum jika saya mau berdonasi utk idlib saja apakah bisa ? Dan ke rekening mana ? Syukron

    Reply
    1. Angga Prayudhatama Post author

      Walaikumssalam,
      Dear Aisyah, terimakasih telah menghubungi tim blog Aksi Cepat Tanggap, ini daftar nomer rekening untuk idlib
      Bank Syariah Mandiri 101 000 1114
      Bank Mandiri 164 0000 965 550
      Bank Muamalat 304 007 2215
      Bank Central Asia 676 025 4442
      Atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap

      Reply
  2. wulan

    Assalammu’alaikum.. Apakah masih bs transfer utk idlib?

    Reply
    1. Angga Prayudhatama Post author

      Walaikumssalam,
      Dear Wulan, terimakasih telah menghubungi tim blog Aksi Cepat Tanggap, ini daftar nomer rekening untuk idlib
      Bank Syariah Mandiri 101 000 1114
      Bank Mandiri 164 0000 965 550
      Bank Muamalat 304 007 2215
      Bank Central Asia 676 025 4442
      Atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap

      Reply
  3. wulan

    Jazakallah khoyr. Alhamdulillah sdh tf ke rekening mandiri ACT 164 0000 965 550 dari rekening mandiri an wulan nurandari. Semoga barokah.

    Reply
    1. wulan

      Mohon konfirmasinya apakah sdh diterima act dan dpt diteruskan utk idlib.

      Reply
      1. Puti H

        Alhamdulillah,terima kasih atas kepercayaannya kepada ACT, mohon doa agar kami terus dapat menyalurkan kepedulian bagi sesama, semoga mbak Wulan sekeluarga selalu dinaungi keberkahan dari Allah swt.aamiin Allahumma aamiin 🙂
        Untuk pengecekan donasi, silahkan kirimkan informasi berikut via SMS ke 0853 3000 6000 atau WA ke 0821 1711 8110 dengan informasi sebagaui berikut, terima kasih :
        – Nama pengirim / pemilik rekening:
        – No HP / email:
        – Rekening tujuan transfer (BNIS 120/Mandiri 136/dll):
        – Jumlah / nominal transfer:
        – Tanggal transfer:
        – Tujuan / program donasi:

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *