Ramadhan Tinggal Menghitung Hari, Mari Persiapkan Diri !

By | 03/05/2017

Ramadhan, bulan yang memiliki banyak keistimewaan dalam penanggalan islam kini sudah di depan mata. Kurang dari satu bulan lagi, indahnya menahan lapar dan haus serta emosi dari adzan subuh hingga adzan maghrib akan kita rasakan. Pernak pernik ramadhan pun pasti sudah ada yang menghiasi rumah kita dari penganan berbuka hingga makanan siap saji yang mudah dibuat ketika sahur.

Ramadhan, satu kata yang ketika memikirkannya saja mungkin ada semburat senyum yang terkembang di wajah kita, ummat islam. Bagaimana tidak ke-khususan bulan ini telah tertulis dalam banyak ayat Al-Qur’an dan hadits. Sholat tarawih, Nuzulul Qur’an dan ‘obralan’ pahala di sepuluh hari terakhir ramadhan adalah ladang pahala yang Allah Subhanahu Wata’ala berikan hanya pada bulan ini.

Adapun beberapa keutamaan yang akan didapat selama bulan Ramadhan adalah sebagai berikut

1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an

Bulan mulia ini termaktub dalam ayat suci Al-Qur’an yang isinya :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

2. Waktu dibelenggunya pintu-pintu syaithan dan dibukanya pintu surga lebar-lebar

Sebagaimana yang telah dituliskan pada ayat di atas, adapula keutamaan lain yang akan didapat ketika memasuki bulan ramadhan yaitu pintu-pintu syaithan dibelenggu dan pintu-pintu surga dibuka lebar. Hal ini tercantum dalam sebuah hadits yang berbunyi :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Terdapat Malam Lailatul Qadr yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan
Pada sepuluh terakhir bulan suci ramadhan terdapat sebuah malam yang lebih baik daripada seribu bulan yang disebut malam Lailatul Qadr.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan: 3).

Mari persiapkan diri, agar ramadhan nanti kita dalam kondisi terbaik untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala 🙂 Semoga ramadhan ini kita diberikan kemampuan untuk beribadah maksimal di bulan penuh keutamaan ini, Aamiin Allahumma Aamiin 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *