Proses dan Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

By | 27/03/2016

penyebab-tanah-longsor

Proses dan Penyebab terjadinya tanah longsor semestinya dipahami oleh masyarakat indonesia khususnya bagi yang tinggal di kawasan lereng dengan ketinggian yang curam. Kita tahu selama ini selalu saja terjadi korban akibat bencana tanah longsor. Meskipun bencana alam sulit diprediksi kapan datangnya, namun dengan mengetahui sebab-sebabnya bisa dijadikan dasar untuk penanggulangan bencana tanah longsor.

Proses terjadinya tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, yang bergeser atau bergerak turun ke bawah akibat kondisi lahan atau tekanan dari atas seperti air hujan dan tumbuhan.

Tanah longsor adalah bencana yang amat fatal saat terjadi lonsoran tanah dengan cepat tanpa disadari, karena jika menimbun pemukiman warga menyebabkan kematian dan kerusakan parah bagi rumah-rumah.

Ini beberapa faktor penyebab terjadinya tanah longsor

Faktor topografi
Topografi adalah adalah kondisi permukaan tanah yang meliputi lahan dan vegetasi beserta pengaruh manusia terhadap lingkungan tersebut.

Tanah longsor dipengaruhi akibat topografi lahan yang curam, dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng, air, beban serta berat jenis tanah batuan. Kekuatan pendorong dari dataran yang lebih tinggi dan tidak diimbangi dengan penahan yang kuat sehingga terjadi pergeseran tanah atau longsor.

Faktor Alam
Karena curah hujan yang tinggi dan lama pada saat dan sebelum kejadian longsor juga turut berkontribusi menggerakkan tanah longsor ke pemukiman penduduk. Getaran yang memicu pergerakan tanah seperti gempa bumi. Selama ini banyak kejadian tanah longsor terjadi pada saat musim hujan, salah satunya yang baru saja terjadi adalah bencana tanah longsor di Bogor dan Banjarnegara.

Faktor Manusia
Pengerukan tanah di sisi tebing, penebangan hutan perusakan vegetasi di perbukitan menyebabkan tanah mudah tergerus pada saat hujan. Secara tidak sadar ketika kondisi lereng akibat semakin curam maka risiko tanah longsor juga semakin besar. Perilaku masyarakat yang bermukim di kawasan lereng seperti kegiatan pertanian yang tidak mengindahkan konservasi juga jadi penyebabnya. (Aly)

Baca juga Upaya Penanggulangan Tanah Longsor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *