Pentingnya Sumur untuk Kehidupan Masyarakat Desa

By | 06/08/2016

pentingnya-sumurPembangun sumur diĀ  Desa Ngipak, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul – Global Wakaf

Sumur, mungkin terkesan sederhana, namun semua orang tahu bahwa betapa pentingnya air bagi kehidupan, maka sumur adalah sumber air yang artinya juga sumber kehidupan. Betapa pentingnya sumur untuk masyarakat desa, tak seperti daerah kota yang begitu mudah mendapat suplai air dari PDAM dan proyek perumahan yang begitu mudah membuat sumur bor. Persoalan di desa tak segampang itu, untuk membuat sumur bor rata-rata membutuhkan biaya 12 juta hingga 32 juta tergantung kedalamannya.

Inilah sebanya masih banyak fenomena orang-orang di desa masih banyak yang mengambil air dari sumber mata air, terkadang harus jauh ditempuh jaraknya. Mereka berjalan jauh demi memindahkan air ke rumah-rumahnya, syukur-syukur jika daerah pegunungan bisa mengalirkan dengan selang-selang paralon. Namun di daerah kekeringan yang biasanya sangat sulit mendapatkan air.

Terlebih di daerah kekeriringan, masyarakat belum tentu mampu membuat sumur yang harganya cukup mahal, butuh pendeteksi sumber air dan perdiksi kedalaman dimana sumber air memancar. karena kondisi itulah wajar jika ternyata masih banyak masyarakat yang pasrah dengan keadaannya, berjuang menempuh jarak yang jauh dan berhemat air.

Salah satu contoh sulitnya air di kawasan terdampak erupsi Gunung Sinabung. Dari lapangan, relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Susanto Ginting melaporkan, penggalian sumber air bersih sangat mendesak saat ini. Sejumlah harian lokal juga melaporkan nyaris semua desa-desa di lereng Gunung Sinabung mengalami krisis air. Kemudian di inisiatif untuk pengadaan sumur dari program wakaf sumur ACT.

Memang lembaga kemanusiaan seperti ini yang mau melihat langsung kondisi masyarakat di pedalaman yang masih kesulitan mendapat air. manfaat sumur itu nantinya akan sangat membantu mengurangi beban mereka membawa air dari jarak jauh berkurang, dengan demikian, menghemat waktu. Kali ini dapat dimanfaatkan dalam melakukan beberapa kegiatan yang akan menambah pendapatan mereka sehingga meningkatkan kondisi sosial ekonomi mereka. Kecelakaan disebabkan saat mengambil air dari sumur, sungai atau aliran juga dapat dihindari.

One thought on “Pentingnya Sumur untuk Kehidupan Masyarakat Desa

  1. Moh. Fatoni

    Alhamdulillah, menurut saya program ini sangat membantu kelangsungan hidup masyarakat disekitarnya. Sebagai salah satu solusi mengatasi minimnya sumber air saat kemarau. Semoga dapat berlanjut ke daerah-daerah lain untuk menmbah titik wakaf sumur ACT.

    Saat ini di daerah saya mengalami kendala kekeringan dan menyebabkan kekurangan air bersih, setiap hari hanya mengandalkan air dari BPBD Kabupaten. Dapatkah saya merekomendasikan daerah tersebut untuk mendapatkan program wakaf sumur ACT ini?
    Terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *