Begini Kondisi Reaktor Nuklir Pasca Gempa Jepang 7.0 Skala Richter

By | 20/04/2016

gempa-jepang

Pekan lalu gempa Jepang mengguncang dahsyat sampai mencapai kekuatan 7 skala richter. Bahkan tak hanya sekali, serangkaian gempa terjadi berturut-turut pasca guncangan gempa pertama Jumat, 15 April 2016 lalu.

Sampai dengan hari ini, dampak dari gempa Jepang yang terjadi dekat dengan prefektur Kumamoto ini sudah menewaskan sekitar 42 orang dan merusak infrastruktur. Salah satu kerusakan infrastruktur yang dianggap berbahaya jika tak secepatnya ditanggulangi adalah pembangkit listrik tenaga nuklir yang berada di sebelah Barat Daya dari Pulau Kyushu.

Pasca gempa Jepang kemarin, masyarakat Jepang sekitar pulau Kyushu dibuat ketar ketir dengan kabar yang beredar bahwa reaktor nuklir pembangkit listrik di Kyushu ikut terkena imbas dari guncangan gempa Jepang 7.0 skala richter ini.

Namun ternyata setelah lebih dari 24 jam memantau terus pergerakan reaktor nuklir, Otoritas Regulator Nuklir di Jepang mengeluarkan pernyataan bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir di Kyushu aman dari kebocoran radiasi pasca gempa Jepang. Jadi, penutupan reaktor nuklir dianggap tidak diperlukan.

Untuk diketahui, warga Jepang hari ini hampir seluruhnya berada dalam sensitivitas isu yang tinggi tentang reaktor nuklir untuk pembangkit listrik. Kekhawatiran masyarakat Jepang ini beralasan kuat sebab pasca tragedi gempa dan tsunami Jepang tahun 2011 lalu, terjadi sebuah bencana nuklir terbesar setelah bencana nuklir Chernobyl. Terjadi kebocoran radiasi nuklir dalam jumlah besar di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima pasca terjangan tsunami Jepang tahun 2011 lalu.

Kabar resmi terakhir yang diterima oleh media setempat mengatakan, pasca gempa Jepang 15 April 2016 silam tak ada masalah keamanan di pembangkit nuklir Sendai. Padahal pembangkit listrik tenaga nuklir Sendai ini memiliki dua fusi reaktor yang berada hanya 120 Km dari titik pusat gempa di Kota Kumamoto.

Selain itu, ternyata ada lebih dari satu pembangkit listrik tenaga nuklir yang beroperasi dekat sekali dengan titik gempa di Kumamoto. Selain pembangkit nuklir Sendai, ada pembangkit nuklir Genkai, Ikata, dan Shimane. Masing-masing pembangkit listrik tenaga nuklir ini memiliki lebih dari satu reaktor untuk menghidupkan listrik di seluruh pulau Kyushu dan Honshu.

Sejak bertahun-tahun silam, nuklir sudah digunakan oleh Jepang sebagai tenaga pembangkit listrik utama di seluruh negeri. Walau nuklir sangat ramah lingkungan dan merupakan sumber energi terbarukan, namun tenaga nuklir memiliki bahaya yang begitu besar jika tak bisa diurus dengan sempurna. (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *