Musibah Kebakaran Besar di Belawan Medan

By | 22/08/2016

kebakaran-belawan

Minggu 21 Agustus Kebakaran besar terjadi di Taman Makam Pahlawan, Gudang Arang, Kelurahan Belawan I, Kota Belawan, Sumatera Utara. Musibah kebakaran besar di Belawan terjadi diduga akibat korsleting listrik dari rumah warga. Informasi yang dihimpun, api pertama kali terlihat dari salah satu rumah warga sekitar pukul 18.15 WIB. Api dengan mudah merambat di kawasan padat penduduk itu. Akibat msuibah kebakaran ini sekurangnya ada 120 rumah terlahap api.

Tidak ada jumlah korban akibat kebakaran besar ini, warga sempat menyelamatkan diri. Tetapi kabarnya Kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah di Belawan menyebabkan satu korban tewas, Burhan (56). Dari informasi diperoleh, Burhan meninggal dunia karena terkena serangan jantung, syok saat mengetahui berita kebakaran dan mengetahui rumahnya ikut terbakar. Kerugian milyaran rupiah sekurangnya ada 200kk sekitar 1200 jiwa yang rumah mereka terbakar.

Dikutip dari berita Gosumut, salah seorang korban kebakaran, Adi mengatakan, mereka terpaksa mengungsi sementara ke Masjid yang berada tidak jauh dari lokasi kebakaran karena rumah mereka ludes dilalap si jago merah.

“Habis barang-barang kami semua terbakar bang, tak ada yang bisa diselamatkan. Yang selamat hanya ?baju yang melekat dibadan ini. Sementara ini, kami terpaksa numpang tidur di Masjid,” kata Adi dengan nada sedih kepada GoSumut, Senin (21/08/2016) dini hari.

Selain di Masjid, lanjut Adi, banyak korban kebakaran yang terpaksa menumpang sementara di teras rumah warga yang rumah?nya tidak terkena musibah kebakaran. “Dimesjid udah penuh, jadi banyak juga warga yang ngungsi dan tidur sementara di teras rumah warga lain, ?yang rumahnya tidak terbakar,” tandas Adi.

Musibah tragis kebakaran besar di Belawan Medan ini sekejap menyisakan tangis warga dan hanya berharap pasrah ada bantuan untuk tetap tinggal selama di posko. Sejak mendengar kabar saat api masih bergejolak Aksi Cepat Tanggap selaku lembaga kemanusian bergegas cepat tanggap untuk datang dan menyediakan bantuan kepada warga pengungsi. Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – ACT Sumatera Utara sudah berada di lokasi mempersiapkan respons efektif darurat kebakaran.

Sepanjang malam tim MRI rela menyisir apa saja kebutuhan urgen yang paling dibutuhkan warga korban. Beberapa bantuan logistik sudah dipasok di lokasi pengungsian sementara yang tersebar di beberapa masjid sekitar kampung Belawan. Pos sementara pun sudah didirikan sebagai pusat komando Tim ACT dan MRI Medan.

Melewati waktu Subuh, Minggu (21/8) Tim ACT dan MRI Sumatera Utara sudah mulai menyiapkan logistik sementara untuk sarapan pagi 1000 lebih pengungsi. Setelah itu, rencana dapur umum pun sudah dikaji dengan BPBD Medan, Pemkot Medan, dan Kabel Hijrah untuk menanak nasi serta lauk makan siang/malam untuk hari-hari berikutnya.

Lokasi posko induk ACT dan MRI berada di Masjid al-Kabah, Jl. Taman Makam Pahlawan, Belawan I, Medan Belawan. Bantuan urgen yang paling dibutuhkan berupa selimut, sembako, tenda pleton, pakaian layak pakai, dan tim medis serta obat-obatan. Semoga segera tindakan tepat dari pemerintah, lembaga dan warga untuk memperbaiki kondisi tempat tinggal warga yang lenyap maupun masih rusak akibat kebakaran.

Img: sumateratime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *