Berbagi dengan Memberikan Donasi untuk Nigeria

By | 02/05/2017

Nigeria merupakan sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan langsung dengan Benin di sebelah barat, Chand, dan Kamerun di sebelah Barat, Nigeria di sebelah utara dan teluk Guinea di sebelah selatan. Tidak lama ini Nigeria mengalami krisis kemanusiaan dan Krisis kelaparan yang merupakan akibat dari konflik yang terjadi pada Nigeria. Ada yang mengatakan konflik terjadi karena adanya perbedaan agama, namun tidak dalam arti yang sempit, melainkan adanya permasalahan tersembunyi yang menguatkan terjadinya konflik pada Nigeria. Adanya sindiran dari kedua perbedaan agama tersebut dan masing-masing agama yang membeda-bedakan kelompok etnis yang ada di Nigeria, juga bersaing dalam merebutkan kekuasaan dan sumber daya yang ada di Nigeria. Krisis kelaparan yang terjadi medapat perhatian pada dermawan di seluruh dunia dengan melakukan donasi untuk Nigeria.

Donasi untuk Nigeria

Program Kapal Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap

Donasi yang diberikan biasanya melaui sebuah yayasan atau lembaga kemanusiaan yang dapat menyalurkan bantuan untuk yang sedang membutuhkan. Seperti pada di Indonesia yang memiliki yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang telah diresmikan pada tahun 2005 pada tanggal 21 April. Yayasan Aksi Cepat Tanggap ini mengembangkan programnya dalam bidang kemanusiaan guna untuk memperbanyak sasaran yang akan menjadi target bantuan. Program-program tersebut adalah program pemulihan pascabencana, program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berdasar spiritual seperti Zakat, Qurban, dan Wakaf. ACT memiliki program terbaru yaitu Program Kapal Kemanusiaan yang akan mengantarkan donasi untuk Nigeria yang mengalami krisis kelaparan berbentuk bahan pangan berupa beras, mengapa beras? Karena beras merupakan makanan pokok yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan bangsa.

Selain bantuan logistik yang akan dikirimkan, sejumlah relawan juga akan ikut dalam misi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap ini. Tidak hanya para relawan ACT_MRI saja yang akan ikut dalam misi ini, tetapi juga relawan baru yang turut menjadi bagian bagian bersejarah dalam misi kali ini. Perjalanan dalam memberikan donasi untuk Nigeria akan dipantau dunia baik melalui kanal-kanal ACT maupun media massa umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *