Melihat Kondisi Terkini Pasca Gempa Ekuador 7,8 Skala Richter

By | 25/04/2016

gempa ekuador

Sudah lewat satu pekan pasca gempa Ekuador yang menerjang dahsyat negara itu sebesar 7,8 Skala Richter. Akhir pekan lalu tampaknya memang akan menjadi minggu-minggu yang tak terlupakan bagi warga Ekuador. Dampak dari gempa besar itu betul-betul menghancurkan merata hampir di seluruh negeri.

Bagaimana kondisi terkini pasca gempa ekuador 7,8 skala richter akhir pekan lalu?

Mengutip dari laporan Kantor Berita CNN, jumlah korban tewas akibat gempa ekuador telah meningkat drastis setelah 48 jam pasca gempa. Sebab, mulai banyak ditemukan dan dievakuasi korban tewas akibat tertimbun reruntuhan bangunan. Badan kebencanaan setempat mencatat, korban akibat gempa ekuador telah meningkat mencapai setidaknya 654 jiwa. Sementara itu, puluhan ribu orang kini sedang dirawat intensif di rumah sakit di seluruh negeri, kebanyakan dari korban luka akibat gempa Ekuador mengalami patah tulang dan luka-luka serius akibat tertimbun bangunan runtuh.

Jika ditelusuri dari sejarah gempa Ekuador, gempa 7,8 Skala Richter akhir pekan lalu, Sabtu 15 April 2015 adalah gempa terburuk yang mengguncang Ekuador selama 7 dekade atau 70 tahun terakhir. Mimpi buruk akibat gempa besar ini samasekali tak terbayangkan oleh warga Ekuador.

Presiden Ekuador Rafael Correa dalam salah satu pernyataan resminya menyatakan bahwa pasca gempa besar kemarin, “Ekuador sedang dalam masa krisis”.

Pasca gempa Equador 7,8 skala richter di dekat pesisir barat Ekuador, ada lebih dari 700 gempa susulan yang berturut-turut menerjang negara itu selama sepekan terakhir. Gempa susulan ini sempat memicu kepanikan di banyak wilayah, namun tak sampai membuat kehancuran parah seperti gempa 7,8 skala richter kemarin.

Dari sisi infrastruktur, gempa ekuador 7,8 skala richter sudah menghancurkan lebih dari 7 ribu bangunan, kebanyakan bangunan tinggi yang bertingkat roboh karena fondasi yang tak kuat menahan guncangan gempa. Sampai dengan tulisan ini diturunkan, sedikitnya ada 25 ribu penduduk setempat yang masih harus tinggal di tempat penampungan sementara.

Dari data sementara yang dihimpun oleh pemerintah, dampak kerusakan akibat gempa 7,8 yang mengguncang dahsyat Ekuador telah menimbulkan kerugian sebesar US$ 3 miliar dan diperkirakan masih akan terus meningkat seiring dengan proses evakuasi dan penilaian dampak gempa.

Kini, pasca gempa Ekuador, negeri itu pun dilaporkan mulai terjebak dalam masalah kriminal yang sulit dikendalikan. Pasalnya, penjarahan mulai terjadi di banyak tempat. Ratusan warga di Portoviejo, salah satu kota besar di Ekuador mulai banyak yang mencuri pakaian dan sepatu dari bangunan yang ambruk. Segala macam barang alumunium dan kabel dijarah dari bangunan ambruk karena gempa, bermacam barang-barang yang masih bisa dijual akan dijarah demi memenuhi kebutuhan pokok pasca gempa. (cal)

Img: indianexpress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *