Masalah Sampah Jakarta, Begini 3 Cara Mudah Kurangi Sampah Makanan

By | 18/11/2015

Masalah Sampah Jakarta

Bicara tentang masalah sampah Jakarta, belum lama ini Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dibuat kalangkabut dengan urusan sampah Jakarta yang semain rumit. Kemarin, Ahok diprotes oleh warga Bekasi akibat truk sampah dari Jakarta menuju Tempat Pembuangan Akhir Sampah Bantar Gebang makin meresahkan warga. Selain karena bau sampah Jakarta yang begitu menyengat, juga ternyata ceceran sampahnya berjatuhan di sepanjang jalan menuju TPA Bantargebang. Hal ini makin menyiratkan bahwa persoalan sampah di Jakarta memang sudah berada di level yang sangat ekstrem. Salah satu penyebab banjir Jakarta pun bahkan adalah urusan sampah yang menghambat sungai dan saluran pembuangan air.

Lantas apa yang bisa Kia lakukan untuk mencegah masalah sampah Jakarta makin tidak terkendali?

Pada dasarnya, pengelolaan sampah secanggih apapun tak akan bisa berhasil jika masyarakat Indonesia khususnya Jakarta masih menjadi penyampah yang super. Data terakhir yang dikutip dari National Geographic menunjukkan volume sampah Jakarta mencapai lebih dari 6.000 ton setiap harinya!

Nah untuk mengurangi volume sampah Jakarta yang demikian ekstrem ini, rasanya perlu untuk mengurangi volume sampah mulai dari diri Kita sendiri, terutama sampah makanan. Penyumbang volume sampah terbesar di Kota-Kota besar.

CNN Indonesia menyebutkan, jika sampah makanan diseluruh dunia ditumpuk di sebuah negara, maka mungkin luasannya setiap hari bisa menutupi luas negara Tiongkok, China atau Kanada! Luar biasa bukan?

Maka dari itu, berikut adalah 3 cara mudah untuk mengurangi sampah atau limbah makanan, dikutip dari laman Daily Meal.

  1. Merencanakan makanan dengan matang

Langkah paling pertama adalah melakukan perencanaan secara matang. Apakah yang akan Anda masak hari ini? Berapa jumlah makanan atau masakan yang akan Anda konsumsi di hari ini? Perencanaan dengan matang ini menjadi kunci dari seberapa banyak sampah makanan yang akan Anda buang. Jika ingin menyimpan stok makanan di kulkas, pastikan tanggal kadaluarsa makanan tersebut.

  1. Gunakan kreativitas untuk menghasilkan makanan baru

Poin kreativitas ini pun menjadi hal penting, pasalnya manusia pada dasarnya adalah makhluk yang mudah sekali bosan. Jika sudah bosan dengan rutinitas makanan yang tak berubah. Maka bisa dipastikan makanan itu akan cenderung berakhir di tempat sampah. Cobalah untuk mencoba menu kreatif baru menggunakan bahan apapun yang terbatas dalam kulkas. Jangan sampai makanan itu berubah menjadi sampah tak berarti.

  1. Cobalah untuk lebih banyak memilih bahan makanan beku

Silahkan tengok bahan makanan yang biasa disajikan di restoran cepat saji, pasti rata-rata makanan itu dapat disimpan dalam kondisi beku. Agar kondisinya tetap baik dan tahan lama. Nah cobalah untuk seringkali menggunakan bahan makanan yang dapat disimpan beku. Agar bahan makanan yang Anda simpan tak berakhir menjadi sampah karena basi dan busuk. (cal)

img : jarrakpos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *