Malam Lailatul Qadar: Rahasia di Balik Keajaiban Malam Seribu Bulan

By | 06/07/2015

lailatul-qadar

Malam ini adalah malam pertama dari rangkaian keajaiban 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Keistimewaan sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan yaitu malam Lailatul Qadar sebagai simpul penutupan. Keberkahan, pengampunan, serta pahala terbaik tersaji di antara malam-malam 10 hari terakhir di bulan ramadhan ini.

Rasulullah sudah memberikan penegasan bahwa barang siapa yang beribadah di malam Lailatul Qadar makan ia akan sama dengan pahala beribadah selama seribu bulan. Barang siapa yang berhasil menemukan dan memuliakan malam Lailatul Qadar dengan ibadah dan kebaikan tulus, maka ia dalah manusia yang sangat beruntung dan dirahamati. Dari sekian banyak keutamaan malam Lailalatul Qadar, setidaknya ada beberapa rahasia keajaiban Lailatul Qadar yang mampu menggetarkan iman hamba-hamba Allah yang lemah, yaitu:

  1. Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan

Allah telah mencantumkan keutamaan Lailatul Qadar dalam Q.S Al Qadar secara jelas dan lengkap. “Malam kemuliaan itu lebih baik dar iseribu bulan. ” (QS. Al Qadar: 3). Para ulama sepakat menerjemahkan maksud lebih baik dari seribu bulan adalah shalat atau amalan kebaikan di malam lebih baik dari shalat dan kebaikan di 1000 bulan yang tidak terdapat di malam Lailatul Qadar.

  1. Malam Lailatul Qadar adalah malam berlimpah keberkahan.

Allah kembali berfirman:  “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3). Maksud dari malam yang diberkahi tersebut tak lain adalah malam Lailatul Qadar

  1. Malaikat Jibril dan malaikat lain turun menyambangi manusia di malam Lailatul Qadar.

Tercantum dalam ayatNya yang tertulis bahwa: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril ” (QS. Al Qadar: 4). Di malam yang penuh berkah tersebut sesugguhnya milyaran malaikat yangg terhitung lagi jumlahnya beserta malaikat Jibril datang dan turun menemui hamba-hamba Allah yang sedang menyibukkan dirinya dengan membaca Al-Quran, berdzikir, memperbanyak kebaikan dan shalat sunnah.

  1. Malam Lailatul Qadar sebuah malam pencatatan takdir tahunan. Allah Ta’ala berfirman bahwa : “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad Dukhan: 4). Ibnu Katsir dalam kitab tafsir 12 334-335 pun menjelaskan kembali bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai pencatatan takdir dalam setahun, Juga akan dicatat segala sesuatu sejak setahun terakhir sebelum Ramadhan berakhir.
  1. Lailatul Qadar adalah malam penghapusan dosa yang telah lalu hingga bersih tuntas

Rahasia malam kejaiban yang amat membahagian adalah di malam itu seluruh dosa-dosa Muslim yang beriman akan bersih dihapus tuntas oleh Allah SWT. Seperti yang diceritakan Rasulullah SAW dalam satu haditsnya: “Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901). (CAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *