Lembaga Bantuan Penyalur Donasi Gunung Agung Bali

By | 28/09/2017

Kondisi Pengungsi Gunung Agung Kian Memburuk, sejak peningkatan status Awas Gunung Agung beberapa hari lalu, radius aman berada 9 kilometer dari puncak kawah. Dalam lingkaran tersebut tidak boleh ada aktivitas sama sekali di dalam zona merah, impaknya kondisi ini menimbulkan gelombang pengungsi yang luar biasa, masyarakat yang tinggal di Kabupaten Karangasem, Bali, berbondong-bondong meninggalkan tempat tinggal mereka menuju pengungsian. Sekarang jumlah pengungsi Gunung Agung mencapai 81.152 jiwa.

Kondisi terkini pengungsi yang terdampak sudah mulai terserang penyakit. Banyak dari pengungsi berdatangan menuju pos kesehatan mengeluhkan mengenai kondisi kesehatannya. Keluhan yang dialami para pengungsi adalah gangguan pencernaan, gangguan saluran pernafasan, dan darah tinggi. Pasien yang berdatangan umumnya adalah lansia, anak-anak dan balita.

Menurut Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, kondisi ini terjadi karena tekanan psikis yang tinggi, ini merupakan manifestasi dari kecemasan dan kesedihan yang tertahan dari para pengungsi. Sedangkan gangguan saluran pernafasan disebabkan saat meninggalkan desa, pengungsi menggunakan kendaraan terbuka, kemungkinan mereka menghirup debu atau udara kotor.

Tim tanggap darurat DERM ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) sampai saat ini masih berada di lokasi pengungsian. Terus membantu ribuan pengungsi yang berada di Desa Menanga, Kecamatan Rendang, dengan mendirikan dapur umum dan posko kesehatan. Mohon doa dan dukungan Sahabat peduli ACT, agar misi kemanusiaan ini diberikan keselamatan dan kelancaran serta dilindungi dan diridhoi-Nya.

Daftar Rekening Donasi Potensi Gunung Agung Bali Meletus

Bank Mandiri 101 000 4802 482 Rekening Potensi Gunung Agung Bali Meletus
BNI Syariah 0270 360 372 Rekening Potensi Erupsi Gunung Agung Bali
Maybank Syariah 2700006004 Rekening Potensi Gunung Agung Bali Meletus
Bank Syariah Mandiri 004 011 9999 Rekening Potensi Erupsi Gunung Agung Bali

Saat ini kebutuhan darurat pengungsi dampak potensi erupsi Gunung Agung Karangasem Bali yang menjadi prioritas adalah makanan siap saji, selimut dan alas tidur, pampers, pembalut, pakaian dalam, air mineral dan air bersih, MCK darurat dan vitamin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *