Ledakan Bom Di Istanbul Turki di Bulan Ramadhan

By | 08/06/2016

bom-turki-istanbul
Istanbul Turki kembali di bom pada awal bulan Ramadhan 1437 H 2016 masehi, tepatnya pada Selasa (7/6) pukul 08.15 pagi waktu setempat. Ledakan bom di Istanbul Turki yang terjadi berasal dari sebuah bom mobil menghantam iring-iringan bus kepolisian Turki yang sedang melaju di jalanan saat jam sibuk pagi hari. Dampak dari bom ini menewaskan beberapa korban di lokasi hingga menimbulkan getaran berjarak sekian puluh meter dari pusat Kota Istanbul.

Bom di Istanbul kali ini memakan 11 jiwa korban jiwa, dan ada sekitar 36 orang luka serius terkena serpihan bom dan kejatuhan struktur bangunan yang ambruk karena getaran bom. Lokasi ledakan bom Turki ini hanya berjarak sekian puluh meter dari Kantor Walikota Distrik Vezneciler di Istanbul. Titik ledakan berada antara gedung Walikota dan Kampus Universitas Istanbul, dimana banyak anak Indonesia yang juga sedang menempuh pendidikan.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Routers, target bom kemungkinan menyasar iring-iringan bus polisi yang bergerak di jalur utama. Sejak tahun 2016 ini Gubernur Istanbul Vasip Sahin mengatakan bahwa pengeboman kemarin adalah kejadian ledakan besar keempat di kota Istanbul. Parahnya bom diledakkan pada saat bulan suci Ramadhan.

Sesaat setelah kejadian ledakan bom di Istanbul Turki pada bulan Ramadhan ini, Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Luar Negeri sempat merilis kecaman keras atas serangan teror di Istanbul. Indonesia menyampaikan simpati dan duka yang mendalam bagi warga dan pemerintah Turki.

Apalagi cukup banyak warga Indonesia yang saat ini berada di Istanbul, salah satunya Azwar Abadi Arsyaddi, Jurusan Fisika, Universitas Istanbul sempat terluka ringan di kepala akibat ledakan itu. Juga tim SOS Syria dari ACT yang masih berada di perbatasan Turki mendapat dari peringatan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul untuk menjauh dari pusat-pusat keramaian.

Dari awal hingga saat ini tim SOS Syria ACT bekerjasama dengan Turki untuk melancarkan bantuan-bantuan kepada warga Suriah di berbagai kamp-kamp pengungsian. Semoga mereka dalam keadaan aman dalam misi mulia untuk membantu warga para korban di Suriah yang masih menderita di bulan Ramadhan ini.

sumber: act.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *