Peduli Kondisi Gaza, Berbagi Qurban dari Warga Indonesia

By | 30/08/2016

peduli-gaza-qurban

Kondisi Gaza Palestina saat ini terkenal sebagai zona terkepung, penindasan dan di dalamnya para warga yang miskin dan menderita. Mayoritas warga Gaza adalah muslim yang kondisinya semakin memilukan setiap mata yang menyaksikan. Tak ada kebebasan hidup dari kekangan tentara-tentara dan peralatan tempur Israel. Terlalu banyak penderitaan jika melihat kondisi Gaza Palestina, sebagai muslim tentu sadar sebentar lagi adalah moment hari raya Idul Adha atau qurban.

Salah satu kepedulian masyarakat Indoensia adalah berbagi kurban untuk Palestina. Dari usaha lembaga Islam yang menjalin kerjasama mitra di palestina untuk bisa bersama-sama merasakan nikmatnya daging qurban. Hampir 70% warga di Gaza saat ini dalam kondisi miskin dan tertekan, bagaimana mereka bisa berkurban?

Seorang mitra Aksi Cepat Tanggap yang bermukim di Gaza, Jomah Najjar beberapa hari terakhir berbincang intensif dengan ACTNews. Jommah menguraikan kisah panjang tentang Gaza di detik terkini. Kisah dari Jommah akan diturunkan dalam beberapa serial tulisan. Kisah pertama yang diuraikan Jommah berkutat tentang perbatasan Gaza yang dikepung dari berbagai arah.

Dari kisahnya, Jommah menuturkan, blokade atau kepungan atas Gaza sudah berada dalam fase terburuk. Gaza dikepung di semua sisinya. Hal ini menyulitkan distribusi kebutuhan hidup termasuk sumber makanan. Barikade tembok tinggi berkawat dan militer Israel berjaga sepanjang tembok perbatasan ini. Israel pun menetapkan aturan ketat yang hanya membolehkan sedikit jenis material boleh melintas ke dalam Gaza.

Selama ini NGO dari berbagai negara telah mempunyai kerjasama dan perijinan yang baik untuk memberikan bantuan kemanusiaan untuk Gaza Palestina. Aksi Cepat Tanggap (ACT) adalah salah satu lembaga kemanusiaan Indonesia yang terus bekerjasama dengan mitra untuk mengiraimkan bantuan ke Gaza.

Hari Raya Idul Idul Adha 1437H atau di tahun 2016, InsyaAllah Global Qurban – ACT akan kembali mengirimkan amanah besar yaitu qurban bangsa Indonesia untuk saudara di Gaza Palestina. Semoga banyak warga Gaza yang bisa menikmati nikmatknya kebahagian daging qurban. Keberkahan melimpah bagi para pekurban yang rela menyalurkan qurban untuk saudara di Gaza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *