Ketahui Penyebab Keanehan Suhu dan Cuaca Kota Bogor

By | 11/08/2015

Keanehan Suhu dan Cuaca Kota Bogor

Kasus kemarau panjang di tahun ini betul-betul membawa banyak keanehan dan perubahan cuaca yang tak masuk akal. Anomali atau penyimpangan suhu dan cuaca antara siang dan malam terlalu sulit untuk dijelaskan dengan logika dinamika musim. Sejak berabad lalu ketika nenek moyang bangsa ini sudah menetap dan mengaku sebagai bagian nusantara, negeri ini hanya punya dua musim, musim hujan dan musim kemarau. Satu-satunya wilayah di Indonesia yang memiliki suhu minimum paling drastis hanya ada di puncak Jayawijaya Papua yang ditutupi salju abadi.

Namun ternyata perubahan cuaca akibat makin tak seimbangnya elemen pembentuk alam semakin jelas menampakkan gejalanya. Tak usah mundur terlalu jauh, tengok saja bagaimana uniknya fenomena El Nino yang menerjang Indonesia di tahun 2014 silam berturut-turut hingga tahun ini? Padahal sebelumnya gejala El Nino sangat jarang terjadi. El Nino atau fenomena nomali suhu permukaan laut yang ditandai dengan makin tingginya suhu bagian timur samudra Pasifik di sekitar ekuator yang diikuti perubahan cuaca di banyak negara dan sebabkan kemarau di Indonesia adalah fenomena langka yang sulit terjadi setiap tahun berturut-turut.

Si tersangka El Nino ini pula yang mempengaruhi anehnya dinamika temperatur udara di beragam Kota di Indonesia. Salah satunya terjadi di Kota Bogor. Dalam sepekan terakhir, suhu cenderung lebih dingin di pagi hari lalu naik drastis pada siang hari. Kondisi perubahan suhu yang sangat aneh ini punya potensi besar untuk merusak kesehatan dan kekebalan tubuh.

Berdasarkan data Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dramaga, Bogor dalam sepekan terakhir suhu pagi hari di Bogor lebih dingin atau mencapai rata-rata 19 derajat Celsius dan naik drastis mencapai 32 derajat Celsius pada siang harinya. Kondisi anomali yang bersifat tiba-tiba ini bersifat bahaya bagi kondisi kesehatan. Tubuh setidaknya perlu waktu untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan temperature udara di sekitar.

Lantas bagaimana menjelaskan dinamika perubahan suhu dan cuaca yang aneh selama musim El Nino ini?

Secara kajian teoritis, dilansir dari laman Beritasatu.com, suhu udara dingin terjadi dikarenakan gelombang pendek badai panas El Nino yang terpapar sepanjang hari langsung diserap bumi. Malam hari tutupan awan berkurang dan saat itulah, bumi memantulkan kembali cahaya berupa gelombang panjang. Dampaknya, suhu permukaan bumi terasa lebih dingin.

Lalu faktor lain yang sebabkan wilayah Bogor cenderung besuhu dingin di musim kemarau pada malam hari adalah karean efek massa udara Australia yang bersifat kering dan dingin.

Kenyataannya memang Bumi dan seluruh permukaan di atasnya sedang menyesuaikan posisinya dalam struktur keseimbangan alam. Hari ini, sudah tak bisa lagi Kita menebak dengan tepat alur perubahan musim di Indonesia. Hukumnya kekal: Jika alam dirusak kesimbangannya, maka Bumi pun akan bergejolak dan menyimpang dari rutinitasnya. (CAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *