Kerjasama Indonesia-Palestina: Ternyata Paspor Palestina Buatan Peruri!

By | 11/04/2016

Palestina Indonesia

Selama ini Palestina dan Indonesia selalu menjaga hubungan baik antara kedua negara. Bahkan sejak awal Indonesia merdeka setelah proklamaasi Bung Karno dan Bung Hatta tahun 1945 silam, Palestina menjadi salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Hingga hari ini pun, hubungan baik antara Palestina dan Indonesia terus terwujud lewat berbagai cara. Satu dukungan yang paling mendesak dari Indoenesia atas Palestina adalah dukungan pengakuan dair Indonesia bahwa Palestina adalah negara yang merdeka, mengutuk keras tindakan semena-mena Israel yang menjajah Palestina.

Setelah sebelumnya Indonesia berhasil mendirikan Konsulat Kehormatan Indonesia di Ramallah Palestina, kini hubungan baik dengan Indonesia dan Palestina kembali memulai sejarah baru. Untuk pertama kalinya, Perum Peruri atau Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia satu-satunya BUMN di Indonesia yang diberikan mandat untuk percetakan barang-barang negara seperti uang, paspor dsb mendapatkan tawaran baru dari Palestina.

Baca juga: Keistimewaan Indonesia di Mata Palestina

Mengutip dari Antara, pada tahun 2016 ini Indonesia mendapat kepercayaan dari Palestina dengan mencetak buku paspor Warga Negara Palestina. Jadi semua paspor Warga Negara Palestina berasal dari Peruri di Indonesia.

Keputusan ini pun dianggap akan semakin memperkuat hubungan Palestina dengan Indonesia, harapannya Indonesia dapat membantu berbagai hal untuk memulai satu persatu tahapan agar Palestina bisa diakui dunia sebagai negara yang berdaulat.

Untuk tahapan awal, paspor Warga Negara Palestina yang akan dibuat oleh Peruri berjumlah sekitar 300.000 buku paspor untuk jangka waktu 3 tahun mendatang.

Untuk diketahui, di Negara Palestina paspor adalah urusan yang sangat penting. Sebab paspor menjadi identitas utama yang digunakan sebagai pengganti dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi warganya. Jika di Indonesia KTP digunakan di dalam negeri dan Paspor digunakan sebagai identitas di luar negeri, maka di Palestina semua identitas warga Palestina terekam di Paspor.

Bersama dengan negara-negara OKI (Organisasi Kerjasama Negara Islam) Indonesia secara penuh mendukung upaya konkret kemerdekaan bagi Palestina. Langkah kongkret yang akan dibantu Indonesia untuk Palestina di antara mencakup upayta pembangunan ekonomi, perdagangan, dan tata kelola pemerintahan yang baik di Palestina.

Selama ini, isu tentang Palestina memang selalu mendapat perhatian luarbiasa dari masyarakat Indonesia. Kejahatan perang yang sudah tak bisa lagi diampuni oleh Israel di Palestina membuka hati masyarakat Indonesia untuk terus menggencarkan bantuan kemanusiaan dan upaya diplomasi. Demi mewujudkan kemerdakaan Palestina sebagai negara yang berdaulat, negara yang terlepas dari keserakahan zionis Israel. (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *